Inilah Penyebab Mobil Hidup Sebentar Lalu Mati

Inilah Penyebab Mobil Hidup Sebentar Lalu Mati

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pemiliki kendaraan mobil yaitu mobil hidup sebentar lalu mati. Apalagi jika hal tersebut terjadi ketika kalian sedang berkendara di jalan raya, tentunya akan sangat mengganggu perjalanan kalian.

Mobil sering mati mendadak bisa disebabkan karena beberapa hal. Dan pada artikel ini membahas apa saja yang menjadi penyebab utama mobil sering hidup sebentar lalu mati.

 

Penyebab mobil hidup sebentar lalu mati

Jika mobil kalian hidup sebentar lalu mati, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Meskipun kalian bisa melakukannya sendiri, tapi sebaiknya kalian membiarkan mekanik yang menanganinya apalagi jika kalian tidak terbiasa dengan seluk beluk mobil. Berikut ini adalah penyebab utama mobil hidup sebentar lalu mati.

 

1. Karburator buruk

Karburator merupakan perangkat yang menggabungkan udara dan bahan bakar dalam rasio yang tepat untuk pembakaran. Jika karburator buruk, seperti rusak, atau kotor kemungkinan akan membuang rasio udara dan bahan bakar. Hal inilah penyebab mobil tidak mau menyala.

 

2. Kebocoran vakum

Kebocoran vakum akan terjadi ketika ada lubang di sistem asupan udara kendaraan di belakang sensor aliran udara massal atau sensor mass air flow (MAF).

Kebocoran ini memungkinkan udara yang tidak diukur masuk ke dalam mesin, lalu mengacaukan rasio bahan bakar udara dan menyebabkan mobil tidak mau menyala.

 

3. Masalah pada sistem alarm 

Mobil yang tidak bisa hidup juga bisa disebabkan oleh sistem alarm mobil anti-maling yang ketika aktif, tidak akan mengirimkan daya apapun ke pompa bahan bakar.

Tetapi jika kalian mempunyai kunci mobil yang tepat, maka sistem anti maling tersebut harus kalian matikan setelah kunci kontak diputar ke posisi on.

Tetapi ketika tidak dimatikan, alarm mungkin akan terpicu sehingga menunjukkan bahwa alarm itu aktif di dasbor mobil kalian.

 

4. Sensor MAF kotor atau rusak

MAF atau sensor aliran udara massal mengukur jumlah udara yang masuk ke mesin mobil kalian dan cukup sensitif. Penumpukan kotoran dan oli yang dapat melewati filter udara engine bisa dengan mudah mencemari sensor.

Lalu, apa yang terjadi kemudian? Sensor MAF yang kotor mungkin seringkali membaca pengukuran udara yang salah, yang akan mengacaukan rasio bahan bakar udara, dan akibatnya mobil pun tidak bisa dinyalakan.

 

5. Masalah pengapian

Penyebab mobil tidak bisa hidup lainnya yaitu karena ada masalah pada sistem pengapian mobil kalian seperti busi rusak, aki mobil lemah, aki terkorosi, saklar pengapian rusak, ataupun koil pengapian rusak.

 

6. Kekurangan bahan bakar

Alasan yang paling umum dan yang paling jelas mengapa mobil tidak bisa dinyalakan yaitu karena kekurangan bahan bakar pada mesin mobil kalian.

Hal ini terjadi karena tidak ada bahan bakar yang cukup di rel bahan bakar, dan tidak ada tekanan bahan bakar untuk menjaga mesin tetap menyala.

 

7. Kebocoran pompa bahan bakar

Jika ada kebocoran pada pompa bahan bakar, maka akan menimbulkan masalah untuk proses pembakaran internal karena mesin akan selalu membutuhkan jumlah campuran udara-bahan bakar yang tepat untuk penyalaan. Sangat penting agar hal ini tidak terjadi dan tidak menyebabkan mobil tidak bisa menyala sama sekali.

 

8. Masalah sensor injeksi bahan bakar

Injektor bahan bakar merupakan perangkat yang menggunakan sejumlah tekanan tertentu untuk menyuntikkan jumlah bahan bakar yang tepat ke dalam ruang bakar internal.

Jika sistem atau sensor injeksi bahan bakar ada masalah, maka dapat menyebabkan mobil injeksi hidup sebentar lalu mati.

Dan itulah tadi penyebab mobil menyala sebentar lalu mati.

Check Also

Penyebab dan Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Penyebab dan Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Masalah tiba-tiba oli mesin mobil cepat sekali berkurang sudah sering terjadi, sehingga sering menimbulkan masalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.