5 Cara untuk Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar

5 Cara untuk Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar

Cara untuk memperbaiki kipas angin yang tidak berputar sebenarnya cukup mudah dipahami. Kalian tidak harus memanggil tukang untuk bisa reparasi alat yang satu ini. Selain bisa menghemat waktu, memperbaiki kipas angin sendiri juga dapat menghemat pengeluaran kita.

Jika kalian sedang mengalami masalah kipas angin yang tidak berputar. Maka langsung kalian simak saja ulasan lengkap mengenai 5 cara untuk memperbaiki kipas angin yang tidak berputar serta tips perawatannya berikut ini.

 

5 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

1. Lepas Kerangka Kipas Angin

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mematikan kipas angin dan melepas kerangkanya. Umumnya kipas angin terdiri dari beberapa kerangka yaitu pelindung kipas serta penutup bagian mesin atau dinamo yang ada pada bagian belakang. Kalian harus melepas kedua bagian tersebut agar bisa memperbaiki kipas angin.

 

2. Cek Penutup Dinamo

Setelah untuk melepas pelindung kipas dan dinamo kalian harus mengecek bagian dinamo karena di bagian inilah mesin dan pemutar kipas angin bekerja. Lakukan pengecekan ini secara hati-hati karena terdapat beberapa bagian seperti stator dan as motor yang mudah rusak.

 

3. Cari Bearing atau Bushing Kipas Angin

Umumnya, penyebab kerusakan kipas angin karena bearing atau bushingnya sudah tidak bekerja secara maksimal. Kedua komponen ini terletak pada bagian motor dinamo kipas. Silahkan kalian cek motor dinamo, apakah sudah terjadi aus pada bearing atau bushing.

✅Baca Juga :  Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung

Caranya mengeceknya bisa dengan melihat menggunakan mata atau dengan memasukkan as motor ke bearing/bushing lalu goyang-goyangkan ke kanan dan kiri. Jika longgar, artinya bearing atau bushing sudah aus. Lepaskan bearing atau bushing lalu ganti dengan yang baru. Jika sudah pasangkan kembali bearing atau bushing ke motor dinamo.

 

4. Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Setelah memperbaiki bagian motor dinamo, bearing serta bushing, sebaiknya kalian bersihkan juga seluruh bagian motor dinamo dari debu dan kotoran. Karena debu dan kotoran yang menempel pada mesin kipas angin dapat merusak fungsi kipas angin dalam jangka pendek maupun panjang.

Jadi kalian harus pastikan kondisi kipas angin dalam keadaan bersih dan rapi.

 

5. Pasang Kembali Kipas Angin

Jika bagian mesin sudah dibersihkan, kalian harus memasangkan pelindung kipas dan mesin pada bagian belakang supaya kipas angin terlihat baru seperti sedia kala. Bagaimana, cukup mudah bukan memperbaiki kipas angin yang tidak berputar ini? Meskipun kipas angina sudah berfungsi secara normal kembali, ada beberapa tips untuk merawat kipas angin yang harus kalian ketahui supaya kipas angin tidak awet dan tidak cepat rusak.

 

Tips untuk Merawat Kipas Angin agar Tetap Awet

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat kipas angin agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

  1. Rajin membersihkan kipas angin.
  2. Hindari pemakaian kipas angin yang kasar.
  3. Jangan sampai terkena air. Karena air dapat merusak bagian mesin, terutama pada bagian dinamo kipas angin.
  4. Pastikan kabel dalam kondisi baik.
  5. Hindari pemakaian secara terus menerus.

Berilah jeda selama beberapa jam setelah kalian menggunakan kipas dalam jangka waktu yang lama, hal ini bertujuan agar mesin kipas tidak panas.

✅Baca Juga :  Penyebab Kipas Angin Berputar lambat dan Berdengung

Dan itulah tadi cara untuk memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dan tips untuk merawatnya. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.