Inilah Penyebab Motor Injeksi Brebet ketika Digas

Para pemilik kendaraan harus tau penyebab motor injeksi brebet ketika digas. Jadi, jika suatu saat hal ini terjadi, maka kalian bisa segera memberikan penanganan yang tepat. Saat ini, hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan sepeda motor.

Selain dapat berfungsi dengan baik, jenis motor juga cukup banyak, dan yang saat ini populer adalah motor injeksi. Selain harganya yang terjangkau, motor juga memiliki cara perawatan yang cukup mudah.

Karena itulah, sebagai pemilik kendaraan harus memberikan perawatan secara rutin guna menjaga performa agar tetap prima. Karena masalah yang terjadi pada sepeda motor cukup bervariasi dan seringkali tidak kalian sadari.

Mulai dari kerusakan ringan hingga berat sekalipun. Salah satu yang bisa kalian alami yaitu motor injeksi brebet.

Supaya mudah untuk mengatasinya, maka kalian harus tahu terlebih dahulu penyebab motor injeksi brebet ketika kita menarik gasnya.

 

Mengetahui Penyebab Motor Injeksi Brebet saat Digas

Bagi kebanyakan pemilik sepeda motor, terkadang hanya menggunakannya saja tanpa memperhatikan komponen yang ada. Meskipun perawatan sepeda motor itu cukup mudah, tetapi tidak semua orang mau melakukannya.

Dengan sering mengabaikan perawatan motor akan menyebabkan banyak masalah yang bisa terjadi. Salah satunya adalah motor brebet. Masalah yang satu ini menjadi salah satu pertanda jika kendaraan mulai aus.

Bahkan, jika tidak segera diatasi akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Pada saat kalian mengalami kondisi ini, biasanya akan ditandai dengan motor yang sulit berjalan.

Jika kondisinya sudah parah, maka kendaraan tidak akan bisa bergerak atau mogok. Hal ini diakibatkan oleh perbandingan komposisi yang ada pada ruang bakar tidak sesuai standar. Sehingga menimbulkan pembakaran yang tidak sempurna, bahkan sampai terjadi brebet.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan masalah tersebut terjadi. Bagi kalian para pemilik kendaran motor injeksi wajib tahu supaya bisa segera mengatasinya.

 

Bahan Bakar Kurang Tepat

Salah satu penyebab motor injeksi brebet yaitu karena bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar yang salah mengakibatkan masalah ini terjadi.

Dengan mengingat setiap kendaraan mempunyai standar terkait jenis bahan bakar yang cocok untuk digunakan. Jadi, ketika bahan bakar salah, maka tidak menutup kemungkinan masalah ini bisa terjadi.

Pada umumnya brebet pada motor injeksi terjadi dikarenakan knocking pada bagian mesin. Jika hal ini menjadi penyebabnya maka, sebaiknya kalian keluarkan semua bahan bakar dari tangki motor.

Selanjutnya kalian isi dengan bahan bakar standarnya. Biasanya pada buku panduan ada jenis standar bahan bakar pada tipe kendaraan itu sendiri.

 

Mesin Dingin

Motor injeksi akan brebet ketika mesin dingin. Hal ini memang seringkali terjadi, terlebih lagi ketika musim hujan dan sering terjadi banjir. Kondisi mesin yang dingin dapat menjadi salah satu penyebab motor injeksi brebet ketika digas.

Mesin motor yang kemasukan air akan membuat dingin dan mogok seketika. Dalam kondisi normal, suhu mesin harus berada 80 derajat Celcius ke atas.

Bisa juga mesin motor dingin karena kendaraan sudah lama tidak dipakai. Hal ini mengakibatkan mesin dingin ketika kalian hendak menggunakannya.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan ini, pastikan bahwa kalian panasi motor setiap paginya. Hal ini bertujuan supaya mesin tetap dalam kondisi normal sebelum kalian pakai.

 

Busi Bermasalah

Busi merupakan salah satu komponen sepeda motor yang berperan penting. Jadi, ketika komponen ini sedang bermasalah, maka bisa menyebabkan motor injeksi brebet ketika digas.

Busi yang sudah melemah dan aliran listriknya tidak bisa terkonversi sempurna, maka akan mengakibatkan masalah ini terjadi. Ketika gas tertarik, maka motor tidak akan menyala dengan baik.

Saat masalah ini terjadi, sebaiknya kalian segera mengganti busi dengan yang baru. Sehingga masalah motor brebet bisa segera teratasi dengan cepat.

Sebagai pemilik kendaraan, tentunya kalian harus tahu apa saja komponen yang harus kalian berikan perawatan secara rutin. Hal ini bertujuan agar performa kendaraan tetap dalam kondisi yang prima.

Bahkan jika timbul suatu masalah, kalian bisa segera mengatasinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Salah satunya yaitu dengan mengetahui penyebab motor injeksi brebet ketika digas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.