Penyebab Motor Mio Susah Menyala di Pagi Hari Saat dingin

Penyebab Motor Mio Susah Menyala di Pagi Hari Saat dingin

Pada artikel kali ini admin akan memberitahukan Penyebab Motor Mio Susah Menyala Saat dingin. Motor yang sulit menyala pastinya sangat menyebalkan. Terlebih lagi saat di pagi hari ketika hendak dipakai untuk beraktivitas, tetapi motor malah sangat sulit untuk dinyalakan. Tentunya hal ini dapat mengganggu kegiatan kita. Masalahnya, kita sendiri terkadang kurang memahami kenapa motor kita susah sekali dihidupkan di pagi hari.

Jadi, pada artikel ini admin akan memberitahukan Penyebab motor Mio Susah menyala di Pagi Hari Saat dingin, simak ulasannya berikut ini:

 

1. Ukuran Pilot Jet yang Tidak Sesuai

Motor yang masih menggunakan sistem karburator, akan sangat mudah untuk menebak mengapa motor susah menyala di pagi hari. Jika sudah melakukan upaya choke, tapi masih saja sulit untuk dinyalakan di pagi hri, maka bisa jadi ukuran pilot jet di karburator yang tidak cocok atau kekecilan. Pilot jet sendiri merupakan komponen di dalam karburator yang bertugas untuk mengatur system jetting motor terhadap rpm rendah (di bawah 5000). Pada saat motor kalian mengalami kesusahan di rpm bawah seperti itu, maka solusi yang bisa kalian dilakukan yaitu dengan mengganti pilot jet motor kalian dengan ukuran yang lebih besar.

Umumnya, pemakaian pilot jet berbanding dengan keperluan mesin dan setelan yang lain. komponen ini harus diperhatikan, supaya nanti motor kalian tidak sulit lagi untuk dinyalakan pada pagi hari.

 

2. Bensin yang Tidak Naik ke Sistem Karburator

Masalah selanjutnya bisa disebabkan karena bensin yang tidak naik ke sistem karburasi. Hal ini bisa saja terjadi lantaran keran vakum yang tersumbat, ataupun keadaan karburator yang kotor. Hal ini seringkali diatasi dengan memompa karburator, yang dikenal juga dengan istilah dibekep. Setelah dibekep, maka bensin akan turun ke dalam karburator, dan mesin pun akan menyala dengan mudah.

Tapi umumnya, untuk mengatasi masalah ini, pabrikan telah memberikan solusi, berupa tuas choke terhadap motor kalian. Tuas choke ini berfungsi seperti trick kerja bekep ini, maka bensin akan dipaksa turun ke system karburasi.

 

3. Busi yang Sudah Lemah

Penyebab selanjutnya yaitu karena keadaan busi dan segala piranti pengapian yang sudah lemah. Pengapian yang sudah lemah pastinya akan lebih susah untuk menyalakan suatu mesin, dan tak hanya di pagi hari saja, melainkan di siang hari juga. Pengapian yang lemah ini seringkali dikaitkan dengan keadaan busi yang sudah melemah, maka api yg dihantarkan oleh busi tersebut jadi tidak optimal, yang dimana tidak sanggup untuk membakar bensin yang siap diproses di dalam ruang bakar.

Berikut adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah:

  • Busi
  • Koil
  • CDI
  • Aki
  • ECU
  • Magnet
  • Spull
  • Kiprok
  • Sistem perkabelan

 

4. Banyak Karbon dan Kerak Sisa Pembakaran yang Menumpuk

Penyebab lain yang dapat menyebabkan motor sulit menyala di pagi hari yaitu sampah. Sampah yang dimaksud adalah sisa sisa kerak, alias deposit kerak yg menempel pada sektor head, juga sebagai akibat dari pembakaran. Kerak yang menumpuk ini bisa menghambat penyaluran api dari busi di dalam ruang bakar. Sehingga untuk cara mengatasinya, kalian bisa membersihkan kerak tersebut dengan menggunakan carburetor cleaner, maupun untuk memanfaatkan bahan bakar beroktan 92 ++, yang dikhususkan untuk membersihkan kerak dan sisa-sisa hasil pembakaran di head.

 

Dan itulah tadi beberapa Penyebab Motor Mio susah menyala di Pagi Hari Saat dingin.

Check Also

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Indikator Motor yang Mati

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Indikator Motor yang Mati

Hampir semua motor injeksi mempunyai beragam lampu indikator (terutama lampu mil atau check engine) pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.