Inilah Penyebab Kipas Radiator Mati dan Tidak Mau Berputar

Inilah Penyebab Kipas Radiator Mati dan Tidak Mau Berputar

Penyebab Kipas Radiator Mati dan Tidak Mau Berputar – Jika berbicara tentang kipas radiator, maka setidaknya kita akan menemukan 3 model kipas pendingin radiator yang antara lain model konvensional, model viscous coupling, dan juga model elektrik. Meskipun modelnya berbeda-beda, tetapi fungsinya tetaplah sama. Fungsi kipas radiator sendiri yaitu untuk mempercepat proses pendinginan air coolant yang berada di dalam radiator.

Nantinya kipas radiator ini akan menghisap udara yang berada di depan radiator sehingga udara tersebut bisa mengalir ke dalam kisi-kisi radiator untuk mempercepat proses pelepasan panas dari air coolant. Dengan begitu, maka suhu air coolant bisa menjadi lebih dingin sebelum dialirkan kembali ke dalam mesin.

Jika kipas radiator mati, maka proses pendinginan yang terjadi di dalam radiator akan terganggu. Air coolant bersuhu panas dari mesin tidak bisa melepas panas dengan cepat sehingga suhu air coolant secara keseluruhan akan terus naik dan naik. Akibatnya, mesin akan mudah panas berlebih atau overheat yang akan berujung pada mobil mogok.

Lantas apa saja penyebab kipas radiator mati? Untuk mengetahui penyebab kipas radiator mati, tentunya kita harus memperhatikan tipe-tipe dari penggerak kipas pendingin radiator itu sendiri karena masing-masing tipe akan berbeda juga penanganannya. Nah, berikut ini adalah penyebab kipas radiator mati yang admin ketahui secara umum.

 

1. Fan Belt Putus

Fan belt putus merupakan penyebab kipas radiator mati yang sudah umum terjadi pada kipas pendingin radiator model konvensional dan viscous coupling. Fan belt (tali kipas) merupakan sebuah penghubung sekaligus penggerak dari mesin ke kipas yang akan memutar kipas radiator .

Ketika fan belt putus, maka pada saat itulah kipas radiator akan kehilangan tenaga penggeraknya sehingga kipas radiator mobil ini akan mati dan tidak dapat berputar. Pada beberapa tipe kendaraan, fan belt ini ada yang terhubung dengan beragam komponen mesin lainnya, misalnya seperti alternator atau pompa power steering. Sehingga, saat fan belt putus maka setir akan terasa berat dan lampu indikator aki akan menyala.

 

2. Viscous Fan Jebol atau Rusak

Viscous fan yang jebol atau rusak juga seringkali menjadi penyebab kipas radiator mati dan tidak berputar. Umumnya, Viscous fan diletakkan pada bagian tengah baling-baling kipas radiator. Saat viscous fan jebol/rusak maka kipas radiator tidak ikut berputar seirama dengan putaran mesin.

 

3. Sekring Kipas Radiator Putus

Penyebab kipas radiator mati dan tidak mau berputar yang selanjutnya dapat disebabkan karena sekring kipas radiator yang putus. Adanya penggunaan sekring pada kipas radiator mobil ini menandakan bahwa kipas radiator yang digunakan adalah kipas model elektrik.

Fungsi sekring sendiri adalah pengaman untuk mencegah arus listrik yang berlebihan masuk kedalam rangkaian. Saat arus listrik yang mengalir dalam fuse tersebut berlebihan, maka fuse pun akan terputus.

Dalam kondisi tersebut, ketika sekring kipas putus, sebaiknya kalian periksa seluruh rangkaian kipas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari short to ground (korslet) yang terjadi seperti motor kipas yang terbakar, kabel terkelupas dan menyentuh ground, ataupun akibat hal lainya.

Saat sekring putus, maka aliran listrik yang menuju motor kipas radiator akan berhenti dan akibatnya kipas radiator akan mati dan tidak mau berputar.

 

4. Kabel atau Konektor Kipas ada yang Putus

Penyebab berikutnya dikarenakan adanya kabel atau konektor kipas radiator yang putus. Kabel atau konektor kipas yang putus akan menyebabkan arus listrik yang digunakan untuk memutar kipas menjadi terhenti. Maka akibatnya, kipas menjadi tidak mau berputar.

Konektor atau kabel kipas putus ini disebabkan oleh banyak hal, bisa karena soketnya sudah rusak, digigit tikus dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa kabel-kabel dan soket-soket yang berhubungan dengan kipas radiator secara teliti.

 

5. Motor Kipas Pendingin Short atau Rusak

Penyebab selanjutnya yaitu motor kipas pendingin mengalami short atau rusak. Umumnya, saat motor kipas radiator short akan ditandai dengan putusnya sekring untuk kipas radiator.

Meski begitu, kerusakan pada motor kipas ini juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya. Dikarenakan kipas radiator ini short dan rusak, maka secara otomatis, kipas radiator tidak akan bisa berputar sesuai dengan kebutuhan mesin.

 

6. Fan Controller Unit Rusak

Penyebab berikutnya adalah fan controler unit rusak. Bagi sebagian kendaraan banyak yang menggunakan fan controller unit sebagai unit pengatur putaran kipas radiator.

Fan controler unit ini ada yang terpisah dari Engine ECU dan seringkalai diletakkan dekat dengan casing kipas radiator. Saat fan controller unit ini  mengalami kerusakan maka otomatis, kipas radiator akan mati dan tidak bisa berputar sebagaimana mestinya.

 

7. Coolant Temperature Sensor Bermasalah atau Rusak

Penyebab berikutnya adalah coolant temperatur sensor yang bermasalah atau rusak. Coolant temperatur sensor merupakan komponen yang menjadi sinyal bagi engine ECU tentang suhu yang ada pada sistem pendingin.

Saat sinyal coolant sudah menunjuk pada suhu yang panas, maka engine ECU akan memerintahkan kipas radiator untuk berputar dan mendinginkan air coolant dalam radiator. Jadi, ketika coolant temperature sensor ini rusak maka kipas radiator mobil umumnya akan mati dan tidak mau berputar sekaligus akan muncul lampu check engine yang menyala di dashboard.

 

8. Refrigerant Pressure Sensor Bermasalah atau Rusak

Untuk kendaraan yang tidak dilengkapi dengan extra fan AC dan hanya mengandalkan satu fan radiator saja, umumnya proses pengaturan kipas radiator juga di kaitkan dengan refrigrant pressure sensor.

Prinsip yang digunakan pada refrigerant ini sama saja dengan coolant temperatur sensor. Hanya saja pada referigerant ini yang diukur adalah tekanan pada freon AC. Jadi, pada saat refrigerant pressure sensor ini bermasalah ataupun rusak maka akan mempengaruhi putaran kipas radiator sehingga menjadi salah satu penyebab kipas radiator mati dan tidak mau berputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.