Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Kalian harus tahu penyebab TV tidak muncul gambar tetapi ada suaranya. Jika layar TV kalian menjadi hitam tetapi masih ada suaranya, mungkin yang terjadi pada tv kalian karena berbagai masalah tergantung pada model TV kalian.

Kesalahan yang terkadang muncul dari perangkat elektronik tidak bisa kita prediksi karena mungkin hanya kesalahan teknis, terkait pabrik, atau kesalahan kecil seperti pemasangan kabel yang tidak benar.

Pikiran pertama yang mungkin terlintas di benak kalian adalah bahwa kabel TV terputus dari sumber listriknya. Akan tetapi, kalian masih bisa mendengar suaranya tetapi tidak bisa melihat visualnya. Mengapa begitu?

Ada banyak alasan dan penyebabnya. Sebagian besar masalah ini bisa diperbaiki dengan peretasan sederhana, namun ada kalanya juga kalian harus menghubungi teknisi profesional untuk mengatasinya

Berikut selengkapnya mengenai penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang paling sering terjadi.

 

Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

 

1. Kegagalan Papan Catu Daya

Penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang pertama yaitu terdapat kegagalan pada papan catu daya. Penyebab yang paling menonjol dari tampilan layar TV yang kosong adalah kesalahan pada papan catu daya.

Pada umumnya, TV mempunyai lebih dari sekadar papan catu daya di samping papan T-con dan bagian internal lainnya. Untuk menentukan apakah ini masalah catu daya atau bukan, bisa dengan menyambungkan TV kalian ke sumber daya independen. Jika berhasil, maka masalahnya bukan pada TV melainkan dari stopkontak.

✅Baca Juga :  Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop

 

2. Kesalahan Lampu Latar

Penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang kedua yaitu ada kesalahan pada lampu latar. Biasanya masalah ini umum terjadi pada TV LCD, karena TV LCD menggunakan lampu latar untuk menerangi gambar di layar.

Oleh karena itulah, jika ada beberapa masalah dengan lampu latar TV, kalian mungkin tidak akan bisa melihat apa pun di layar dan hanya ada suaranya saja.

 

3. Masalah Panel TV

Penyebab TV tidak Muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang ketiga yaitu adanya masalah pada panel TV. Jika panel TV mengalami kerusakan, maka secara otomatis layar akan menjadi kosong.

Tetapi, masalah ini akan cukup rumit untuk diselesaikan dikarenakan opsi perbaikan yang akan ditawarkan biasanya adalah membeli layar baru atau TV baru sekaligus.

 

4. Koneksi Buruk

Penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang keempat yaitu karena koneksi yang buruk. Jika ada sambungan yang salah atau kabel yang rusak, maka dapat menyebabkan layar TV kalian menjadi kosong.

Kalian bisa memeriksa kabel sambungan untuk memastikan bahwa sumber listrik, TV, dan juga perangkat lain telah dicolokkan dengan benar.

 

5. Sleep Timer

Penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang kelima yaitu karena pengaturan Sleep Timer atau Pengaturan Waktu Tidur. Jika kalian mengaktifkan Pengatur Waktu Tidur pada TV, maka TV kalian secara otomatis akan “tertidur” setelah mencapai waktu yang ditentukan.

Hal baiknya adalah kalian bisa menonaktifkan timer ini dari menu pengaturan TV kalian secara mudah.

 

6. Masalah Kapasitor

Penyebab TV tidak muncul gambarnya tetapi ada suaranya yang keenam yaitu masalah kapasitor. Jika kapasitor pada TV buruk, maka TV tidak akan bisa hidup atau menampilkan gambar apa pun.

✅Baca Juga :  Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Dan itulah tadi penyebab TV tidak muncul gambar tetapi ada suaranya. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.