Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal – Kali ini akan membahas tentang TV dengan gejala di layar hanya muncul satu garis horizontal saja. Mungkin bisa dijadikan refrensi buat rekan yang mengalami permasalahan layar hanya muncul satu garis tengah melintang.

(Perlu rekan tahu kerusakan ini dikarenakan karena blok vertikal yang tidak bekerja).

Jadi jangan salah sangka tentang permasalahan ini. Bergaris horizontal bukan karena blok horizontal yang bermasalah. Ingat, jangan sampai salah. Atau bisa juga di sebut satu garis mendatar supaya lebih mudah di pahami.

Satu garis Horizontal menunjukan bahwa tidak membuka ke arah bawah dan atas. Atau penguat vertikal tidak bekerja untuk membuka layar pada bagian atas dan bawah.

Kerusakan ini sering terjadi pada kasus vertikal yang tidak bekerja biasanya karena penguat vertikal atau output vertikal. Ini terbukti sering terjadi pada kasus kasus masalah pada blok vertikal.

Bila tidak terbukti kerusakan pada komponen pendukung maka bisa di vonis pada IC vertikal. Tetapi jangan ceroboh memvonis sebelum memeriksa lebih lanjut. Karena bisa jadi Voltase yang mensupply blok vertikal tidak sesuai standar normal.

Langkah memperbaiki kerusakan dengan gejala layar hanya muncul garis arah horizontal atau garis mendatar.

  1. Mengamati komponen blok vertikal terutama pada kaki IC.
  2. Memastikan Voltase pensupply blok IC vertikal.
  3. Memeriksa seluruh kondisi komponen pendukung blok vertikal.
  4. Periksa yoke short atau putus.
  5. Memfonis IC vertical.

Cara Memperbaiki Layar TV Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Berikut cara memperbaiki layar TV yang hanya terlihat satu garis horizontal atau memanjang kesamping :

Persiapkan Multitester Ke Fungsi Volt DC

Carilah jalur dari AC matic yang menuju IC vertikal. Apa masih standar normal (Setiap TV memiliki standarnya masing masing). Bila Volt menggalami drop permasalahan dapat di prediksi 2 hal :

IC mengalami short, ini biasanya di tandai dengan getaran atau bunyi pada bagian trafo AC Matic.

Tegangan yang bermasalah. Ini karena konduktor yang terletak sebelum Dioda bagian regulator sekunder atau output regulator menyerupai Dioda mengalami kerusakan putus atau short.

Jika menemui supply dari flyback, periksa Elco pada jalur supply vertikal.

Tegangan IC vertikal TV berkisar antara 24 sampai 27 volt. Terutama pada TV China dan sejenisnya. Sedangkan untuk memakai simetris tegangan IC vertikal LA78141 TV Polytron slim -12 ~-14 dan +12~15V DC bila di ukur dari ground.

Periksa komponen pendukung IC vertikal

Terutama Elco dan Dioda yang terletak pada area blok vertikal. Elektrolite condensator sering mengalami short atau kering sehingga nilai capasitas filternya berkurang.

Dioda berhubungan dengan Voltase, sehingga Dioda yang terletak pada area vertikal biasanya terhubung ke kaki B+ vertikal.

Ada suatu kejadian waktu itu saya menemukan kerusakan kalau tidak salah waktu itu TV WCOM:

Awalnya TV normal tetapi setelah panas, layar langsung menyempit sampai garis arah horizontal. Awalnya saya memeriksa semua komponen, dan normal semua. Lalu saya mencurigai sebuah Dioda 1A. Setelah saya ganti Dioda 1A yang terletak di tengah IC vertikal TV langsung kembali normal meski TV sudah panas.

Memang kerusakan pada komponen tidak pernah pasti. Terkadang kita terkecoh dengan hal hal seperti itu. Komponen jika di periksa normal tapi setelah di pasang di sirkuit malah error.

Periksa Defleksi Yoke Yang Berfungsi Pembelok Vertikal

Lilitan yoke berfungsi untuk pembelok berkas cahaya vertikal yang biasanya terletak pada bagian luar. Supaya lebih mudah biasanya saya memilih kabel yoke pada bagian depan. Cara memeriksanya: Arahkan multitester pada ohm meter ukuran 1×. Cabut kabel yang menghubungkan blok vertikal ke defleksi yoke. Arahkan probe merah dan hitam ke lilitan vertikal. Di bolak balik Tidak masalah.

Kerusakan pada defelksi yoke jarang sekali terjadi jika gejalanya yaitu satu garis horizontal. Pasalanya bila kerusakan defleksi yoke dapat di lihat dari tampilan layar yang berantakan. Kecuali kabel antara mesin dan defleksi yoke vertikal memang putus maka bisa menyebabkan TV hanya 1 garis mendatar tanpa adanya garis garis tidak beraturan seperti yang di tunjukan saat defleksi yoke rusak.

Hal ini bisa rekan pahami bila mencoba memutus salah satu kawat dari yoke di bagian atas atau bawah. Karena lilitan atas dan bawah adalah satu rangkaian paralel lilitan. Sehingga bila salah satu lilitan putus yang terjadi di sisi lainnya masih bekerja membuat munculnya garis garis tidak beraturan. Itulah indikasi kerusakan pada defleksi yoke.

Kerusakan defleksi yoke yang kendor. Gejalanya yakni layar kadang normal tapi kadang hanya garis yang berantakan arah mendatar. Saat menunjukan gejala ini akan terdengar suara berderik dari defleksi yoke. Dan suara semacam getaran satu lilitan.

IC Vertikal Mati

Terakhir kasus layar TV hanya garis melintang horizontal yaitu memfonis IC vertikal setelah semua komponen normal dan voltasenya setandar 27V. Maka cobalah ganti komponen IC vertikal dengan yang asli atau yang tipe sama sesuai nomer seri atau data site nya.

Masalah blok vertikal yang tidak bekerja terjadi jika suara normal tapi layarnya bergaris horizontal. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan.

Solusi Kerusakan Vertikal Pada TV

Gejalanya jelas terlihat layar hanya muncul satu garis horizontal atau mendatar ini berarti vertikal amplifier tidak bekerja. Ingat!, bukan pada blok horizontal yang di oprek. Khususnya pemula yang sering salah mengartikan permasalahan ini.

Langkah Pemeriksaan Gejala Layar Yang Menyempit  

Amati rangkaian khususnya pada bagian vertical amplifier ada tanda tanda komponen yang terbakar atau jalur penguatanya putus (TV keadaan off).

Hidupkan TV dan lakukan pengukuran pada bagian vertikal hingga ke kumparan defleksi. Jika penguat vertikal memakai rangkaian transistor push pull. Ukurlah tegangan biasanya basis emitor atau Vbe : 0,7V harus ada, dan biasanya tegangan VCC vertikal 24 sampai 27V DC. Bila tidak ada periksa pada bagian output ragulator yang mensupply vertikal atau entah dari mana sunber VCC berasal misalnya model SHARP yang mensupply vertikal dari tegangan flayback.

Jika ada oscilocope, pakai untuk mengukur tegangan gigi gergaji pada oscilator vertikal apakah keluar atau tidak. Dan lanjutkan sampai vertical output.

Sampai dimana hilangnya tegangan gigi gergaji maka pada bagian itulah kita lakukan pemeriksaan komponen pendukung. Misal capasitor resistor atau Elco yang sudah kering sulit untuk di kenali jika tidak teliti.

Terkhir bila VCC, transistor, dan komponen pendukung lainnya masih normal kita wajib mengganti IC vertikal.

Kerusakan pada TV yang layarnya hanya muncul satu garia horizontal adalah pekerjaan servis yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Bila ingin hasilnya maksimal dan tidak mengulang dengan kerusakan satu garis horizontal pada layar yang lebih komplek. Pastikan pengetesan secara teliti dan jeli.

Kata Penutup

Jika informasi tentang Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab

Cara Memperbaiki Layar TV Bergaris Garis dan Penyebab – Gejala kerusakan pada TV ditandai dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.