Tips agar VPS Terlindungi dan Aman

Tips Agar VPS Terlindungi dan Aman – Pencurian data dan kejahatan cyber belakangan ini menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan masyarakat. Untuk itu para pengelola website mustinya saat ini harus selalu waspada dan memperhatikan keamanan websitenya, terutama dari segi web hosting atau VPS.

Serangan cyber tidak bisa lagi dianggap remeh, untuk itu pilihlah Vps murah dan hosting murah yang terjamin keamananya.

Solderpanas akan membagikan beberapa Tips agar VPS Terlindungi dan Aman untuk meminimalisir resiko serangan cyber, simak ulasan berikut ini :

Pengertian Apa Itu VPS

VPS atau Virtual Private Server, yaitu sebuah layanan web hosting dengan menggunakan teknologi virtualisasi resource khusus pada server untuk menyimpan data pada sebuah website.

Berbeda dengan Shared Hosting yang harus berbagi sumber daya untuk pengguna lainya. VPS biasanya digunakan untuk sebuah website yang membutuhkan sumber daya besar, misalnya website yang memiliki trafik sangat besar.

Apabila dianalogikan, VPS hosting adalah sebuah gedung apartemen dimana didalamnya terdapat unit apartemen yang memiliki resourcenya sendiri – sendiri. Seperti listrik, air, perabotan antara satu unit apartemen dan yang lain berbeda dan tidak saling berbagi sehingga tidak saling mengganggu.

VPS Bisa Diretas ?

Apakah VPS bisa diretas ? pertanyaan ini tentu sangat sering ditanyakan oleh banyak orang. Perlu diketahui bahwa sejatinya tidak ada satu sistempun di dunia ini yang 100% aman, oleh karena ini software – software yang ada pasti akan melakukan update berkala. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kebobolan sistem.

Begitu juga dengan VPS Server, meskipun saat ini kebanyakan server menggunakan sistem operasi Linux yang relatif lebih aman, namun celah keamanan justru banyak yang disebabkan karena faktor manusia.

Seperti kesalahan dalam mengkonfigurasi sistem, penggunaan software / plugin bajakan, atau bahkan kesalahan dari pengguna yang secara tidak sengaja mendownload malware.

Untuk itu diperlukan pengetahuan untuk menjaga keamanan dari vps server yang anda kelola untuk menghindari serangan cyber.

Cara Menjaga Keamanan Server di VPS

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar VPS Terlindungi dan Aman. Tips ini adalah cara termudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Gunakan Kombinasi Password yang Rumit

Menggunakan kombinasi password yang rumit adalah langkah awal dan paling utama untuk menjaga keamanan VPS server. Dalam membuat password pastikan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, kemudian angka dan karakter atau simbol.

Jangan sekali kali menggunakan password yang pendek dan mudah ditebak, misalnya tanggal lahir, tempat lahir, nama, urutan huruf qwerty dan lain sebagainya.

Penggunaan password yang lemah seperti diatas sangat mudah dipecahkan menggunakan metode brute force. Selain itu, anda juga harus melakukan penggantian password secara berkala

Rutin Update Keamanan Sistem Operasi

Melakukan update rutin pada sistem keamanan dapat mencegah serangang cyber yang banyak memanfaatkan celah keamanan dari suatu sistem. Pengembang suatu software biasanya akan memberikan secara berkalan update sistem keamanan terbaru untuk memperbaiki celah keamanan sebelumnya.

Jadi sangat disarankan untuk selalu memeriksa pembaruan dari perangkat lunak, dan mengupdatenya secara berkala agar vps server anda lebih aman.

Hindari Software atau Aplikasi Dari Sumber yang Tidak Terpercaya

Terkadang anda membutuhkan perangkat lunak dari pihak ketiga dan tidak tersedia di server. Anda harus sangat berhati – hati dan memperhatikan sumber file tersebut, jangan sampai anda mendownload file dari sumber yang tidak anda ketahui asal usulnya dan tidak terpercaya karena dapat sangat berbahaya.

Apabila anda merasa tidak yakin dengan sumber file yang akan di download, sebaiknya urungkan niat anda dan cari sumber yang yang terpercaya.

Mengaktifkan update otomatis CMS

Apabila anda adalah seorang pengguna CMS untuk website, seperti wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainya maka disarankan untuk mengaktifkan fitur update otomatis.

Dengan mengupdate CMS yang anda gunakan maka akan meningkatkan keamanan website anda dari serangan hacker.

Kemudian untuk pengguna CMS WordPress juga perlu untuk melakukan update pada plugin yang digunakan.

Lakukan Pencadangan atau Backup

Melakukan backup file pada VPS server sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kehilangan data ataupun melakukan restore apabila VPS server sampai terkena serangan cyber.

Untuk lebih aman, sebaiknya tempatkan file backup pada server yang berbeda atau simpan pada komputer lokal. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila sampai anda kehilangan akses ke VPS server.

Kesimpulan

Tips untuk menjaga keamanan VPS server diatas sangat bergantung pada penyedia layanan VPS hosting dengan tepat. Kemampuan untuk mengamankan infrastruktur server adalah salah satu syarat bagi penyedia layanan.

Jangan sampai anda tergiur oleh VPS murah namun keamananya tidak terjamin. Pilihlah VPS Murah dari penyedia layanan yang telah memiliki rekam jejak yang bagus. Niagahoter adalah salah satu penyedia layanan hosting yang sangat direkomendasikan. Selain memilik berbagai penawaran hosting dan VPS yang murah, keamanan, dan kenyamanan pelanggan juga sangat dijaga. 

Tinggalkan komentar