Penyebab Suara Speaker Aktif Suara Pecah

Penyebab Suara Speaker Aktif Suara Pecah

Penyebab Suara Speaker Aktif Suara Pecah – Mungkin rekan mengalami masalah speaker aktif yang rekan punya mengalami kelainan yaitu suara yang pecah. Suara speaker akan berubah dengan berjalanya waktu. Ini sering terjadi pada speaker aktif ketika sudah lama yaitu sura pecah ketika di geber pada level tinggi. Dan kadang di sertai suara keresek seperti ada sesuatu pada dalam spoel.

Speaker aktif berubah itu wajar karena beberapa pengalaman saya servis speaker aktif saya sendiri mengelalami keluhan dari pemilik salah satunya speaker aktif suaranya pecah pada level tinggi terutama di nada bass.

Suara bass seperti terpotong dari suara aslinya yang harusnya di keluarkan speaker.

Penyebab Suara Speaker Aktif Suara Pecah

Berikut saya sedikit bagikan apa penyebab speaker aktif suara menjadi pecah.

Kualitas speaker

Speaker yang sering di setting level tinggi akan mengalami penurunan peforma. Ini karena melemahnya membran speaker bagian atas dan bawah. Selain itu ketika speaker mengalami penurunan kualitas biasanya bersamaan dengan spoel speaker ada yang terbakar. Sehingga impedansinya menurun. Dan kemudian akan menybabkan suara menjadi pecah.

Kualitas komponen

Sebagian besar speaker aktif dipasaran sekarang memakai power amplifier jenis OCL. Jenis OCL memang sangat multi untuk di pakai pada beberapa speaker berdaya rendah.

Tapi kelemahan dari jenis ampli ini yaitu jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen. Terutama di bagian transistor final akan terjadi kerusakan yang fatal.

Sebagian sekarang memakai transisitor final jenis TIP 41, 42. Ini bertujuan supaya daya yang di hasilkan tidak berlebih dan ekonomis.

Tapi dalam waktu yang cukup lama kualitas transistor akan menurun karena kerja transistor ini terlalu keras dan panas. Kadang untuk menangani 2 speaker atau lebih. Inilah mengapa speaker aktif cepat rusak.

Trafo

Dalam kurun beberapa tahun saya menemukan kejadian trafo mengalami kerusakan di speaker aktif. Hal ini terjadi karena speker aktif memakai trafo 3A sebagai power supply. Kebanyakan kerusakan terjadi pada lilitan primer. Ini wajar karena trafo memakai coil spoel yang sangat kecil sehingga mudah untuk terbakar di suhu panas terus menerus. Sebelum trafo mengalami kerusakan akan mengalami penurunan arus yang oleh trafo. Wajar jika suara speaker menjadi pecah karena arus yang pensupply power amplifier berkurang.

Tips mengatasi Suara Speaker Aktif Pecah

Jika speaker aktif suaranya pecah, meski sudah di ganti dengan ampli yang baru tapi masih pecah berarti speaker rusak. Jika speaker sudah diganti tapi masih juga berarti power ampli yang bermasalah.

komponen power ampli sering mengalami kerusakan yang menyababkan speaker aktif menjadi pecah adalah:

  • Transistor final 41 42
  • Transistir driver C945, A733
  • Dioda bias 4148
  • Elco ower supply bocor
  • Trafo
  • Pemakaian speaker luar

Kata Penutup

Demikian tentang Penyebab Suara Speaker Aktif Suara Pecah, sekian dan terimakasih.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …