Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek – Kali ini kita akan membahas tentang masalah speaker aktif yang berbunyi kresek Menarik sekali. Dimana permasalahannya kadang sepele yang menjadi pertanyaan banyak orang yakni gangguan audio speaker berbunyi kresek kresek. Masalah kerusakan speaker juga dapat rusak karena sistem ampli dan tone control tergantung situasi perangkat yang di pakai.

Karena itu kita perlu memahami prinsip kerja dari sebuah perangkat audio yang akan kita perbaiki. Misal kita menangani speaker aktif maka kerusakan muncul pada tone control, input, ampli dan speaker. Sedangkan misal kita menangani ampli tanpa tone control permasalahannya akan lebih mudah lagi karena mengarah pada sistem driver.

Konsep mudah untuk memahami kerusakan speaker yang berbunyi kresek kresek dapat memakai pertanyaan berikut:

Apakah memakai tone control?, atau hanya memakai ampli sudah terdengar kresek kresek?, mungkin gejalanya saat volume tinggi baru terdengar kresek?. Atau ketika suara kecil speaker terdengar kresek?, mungkin hanya terdengar kresek ketika volume di putar. Berikut ini kita bahas satu pre satu.

Penyebab dan solusi speaker bunyi kresek

Berikut penyebab dan solusi memperbaiki speaker yang berbunyi kresek kresek :

Ketika memakai tone control 

Perangkat yang memakai sistem ini yaitu speaker aktif dan ampli rumahan yang memakai tone control.

Permasalahan muncul keduanya hampir sama yakni saat potensio di putar akan terdengar speaker bunyi kresek.

Kerusakan di sebabkan karena potensio meter mengalami korosi karena jamur atau karat sehingga menyebabkan sinyal nois. Ini sering terjadi pada potensio yang jarang di pakai sehingga terkena jamur pada tembaga atau material potensio.

Cara ampuh mengatasinya yaitu dengan mengganti potensio meter dengan yang baru. Tapi untuk pertolongan pertama rekan dapat melakukan pembersihan ringan memakai minyak kayu putih. Awalnya akan kembali normal tapi jika jarang di pakai akan muncul lagi.

Sekarang kita membahas permasalahan lain yakni saat volume besar speaker berbunyi kresek kresek.

Ini permasalahannya berbeda lagi. Kadang penyebabnya sepele yakni pada input. Kabel yang tidak standar dapat menjadi peyebabnya. Tandanya saat kabel input di cabut suara nois akan hilang. Begitu di kembalikan suara nois akan muncul lagi.

Pada kasus speaker aktif kita sering menemui speaker aktif memakai input dari MP3 player. AUX dari MP3 player sangat rentan karena kabel yang di pakai tidak terlindungi ground. Sehingga gangguan nois atau kresek kresek sering kali terjadi.

Untuk mengatasinya kita perlu coba mem baypas sistem MP3 kemudian input dijalankan langsung dari soket RCA ke Tone Control. Kabel yang di pakai perlu memakai kabel HET sehingga terlindung dari nois akan terdengar jelas terutama di speaker trible.

Memakai ampli saja 

Artinya speaker hanya terhubung ke amplifier tanpa tone control tapi muncul nois.

Paling sering Penyebabnya karena meremehkan sistem input yang dimana input berdekatan dengan trafo. Ini akan sangat mengganggu terutama pada trafo konvensional dan SMPS.

Sistem step down dapat masuk ke input jika soket dan kabel tidak terlindungi ground. Meski terlindungi ground belum tentu bisa mengatasi gangguan sinyal elektromagnet sistem step down. Lebih baik manajemen tata letak setiap komponen dengan lebih baik.

Selanjunya tentang ampli yang terkena gangguan di speaker kresek yakni permasalahan pada driver. Tanda paling sering kita temukan adalah saat volume kecil terdengar suara serak.

Ada 2 kemungkinan yaitu antara speaker rusak atau karena arus DC yang bocor. Dimulai dengan selidiki arus DC terlebih dahulu.

Arus DC dapat kita ketahukan dengan memakai maksimal 10V DC meter untuk pengukuran. Jika arus terlalu tinggi lebih dari 5V ada 2 kemungkinan antara transistor driver atau transistor final.

Tapi saat terjadi kerusakan transistor final kita dapat membaca arus DC lebih tinggi dari kerusakan transistor driver yang kadang hanya terdeteksi 5V kurang. Ini sedikit pengalaman. Tapi kadang kasusnya berbeda.

Mencari penyebab kerusakan speaker bunyi kresek 

Jika memakai tone control pastikan mencopot input dari luar. Misal dari HP setelah itu saat permasalahan masih muncul, putuskan amplifier dan tone control. Dari sini kita dapat menyimpulkan mana blok rangkaian penyebab suara speaker kresek kresek.

Bagaimana jika kita menemui tone control dan ampli dalam satu PCB?.

Mudah saja, kita perlu mencari output tone control atau driver pada input power ampli memakai elco 1 uf atau kadang memakai capasitor 104N.

Jika hanya memakai ampli

Seperti penanganan memakai tone control, coba periksa kabel pada input dari HP. Jika nois masih geser letak input yang jauh dari sistem power supply dan jangan lupa pakai kabel HET supaya input bisa terlindungi ground.

Beberapa kejadian potensio meter yang berkualitas rendah bisa menyebabkan terjadinya suara nois ketika volume besar. Tapi kadang dengan memberikan kabel ke body potensio hubungkan ke ground permasalahan ini sudah selesai.

Terakhir masalah speaker 

Speaker bersuara kresek dapat juga rusak karena mungkin terlalu banyak debu yang tertimbun pada lubang coil speaker. Akibatnya saat coil bergerak terjadi pergeseran. Atau membran speaker yang sudah tidak seimbang menggerakkan coil speaker. Untuk lebih yakin rekan dapat memakai ampli lain untuk memeriksa keadaan speaker yang sebenarnya dari pada menebak nebak dan ini jalan yang lebih mudah.

Kata Penutup

Itu saja tentang Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek, sekian dan terimakasih.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …