Memperbaiki Tv China Layar Bergetar

Memperbaiki Tv China Layar Bergetar

Memperbaiki Tv China Layar Bergetar – Kali ini saya mendapat sebuah servis panggilan memperbaiki sebuah TV yang mesinnya sudah diganti dengan mesin China. Gejala yang muncul yakni saat malam TV mengalami gangguan suara berbunyi GREEEEK di speaker TV. Dan layar terlihat kurang penuh di bagian bawah sekitar 3cm.

Memperbaiki Tv China Layar Bergetar

Awalnya ragu mengambil sevisan ini, karena saya pernah mengalami pengalaman memperbaiki TV yang kerusakan tidak langsung terlihat. Misal waktu itu saya menservis TV China dengan gejala yang tidak langsung terlihat. Karena belum berpengalaman dalam memperbaiki TV, masih awal belajar, pekerjaan itu tidak langsung jadi. Itulah yang membuat saya ragu mengambil servisan ini. Selain itu karena dirumah juga banyak servisan yang belum selesai.

Tapi saya harus mengambil job ini dengan alasan pelanggan TV tersebut baik hati, dan baik. Sehingga tidak enak jika tidak saya ambil.

Di rumah pelanggan TV terlihat gambar tidak stabil atau bergetar. Dan di bagian bawah terpotong.

Ternyata tidak sesulit perkiraan saya. Saya mengira bahwa TV tersebut bermasalah di elektrolit kondensator yang kering, membuat tegangan tidak setabil.

Cara Penanganan

Layar TV bergetar dan muncul suara GREEEK ketika malam hari. Saya mengira saat malam desa tersebut mengalami penurunan tegangan sehingga saat TV di nyalakan pada malam hari kekurangan arus.

TV saya buka denga harapan kerusakan yang terjadi pada elco saja bukan yang lainya.

Prekiraan saya benar, terdapat elco yang terlihat mengembung di jalur supply IC vertikal 470uf 35V. Selain mengganti elco yang mengembung saya juga mengganti semua elco pada sekunder regulator atau output power supply.  Antaranya elco 470 jalur audio dan 470 jalur 9V.

Pengetesan dengan posisi normal, TV langsung bening tanpa kendala.

Memperbaiki TV China yang layarnya bergetar dan tidak penuh pada layar bagian bawah dan ada suara GREEEK pada malam hari akhirnya selesai sekali coba.

Kadang yang kita bayangan tidak sesulit yang kita bayangkan.

Kata penutup

Demikian sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.