Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Total

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Total

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Total – Saya kali ini akan membahas speaker aktif Polytron yang mati total. Kerusakan pada speaker aktif Polytron yang mati total sering di temukan dan masalahnya kadang tidak hanya pada satu komponen yang bermasalah. Sehingga saat menemukan kerusakan speaker aktif Polytron yang mati total, masih dapat memprediksi penyebab kerusakan speaker aktif yang mati total.

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Mati Total

Jika di lihat memperbaiki masalah speaker aktif Polytron ada banyak masalah yang sering muncul karena mesin yang di pakai pada speaker aktif Polytron memakai sistem SMPS. Dan SMPS yang di pakai pada TV Polytron mirip yang di pakai pada TV yaitu memakai FET 7N65C.

Sama juga saat kerusakan mati total pada speaker aktif Polytron biasanya masalahannya sama yakni karena FET 7N65C. Dengan kemungkinan FET jebol lagi bila tidak memeriksa tegangan gate kaki FET gate.

Jika ada kerusakan di FET dapat kemungkinan adanya masalah pada tegangan gate.

Daftar komponen yang diperiksa ketika tegangan gate melonjak lebih dari  4,9V

  • Resistor 33 ohm area primer
  • Transistor P6N60, terhubungan dengan gate
  • Transistor 2SA1015 area primer
  • Transistor 2SC1815 area primer

Periksa satu persatu komponen tersebut bila punya cadangan bisa langsung ganti karena kita kadang ketika periksa transistor kurang teliti.

Jika komponen tidak rusak atau tegangan gate normal tidak lebih 4,8V dapat dipastikan aman dan kerusakan speaker aktif tersebut hanya karena FET 7N65C saja yang rusak.

Sebenarnya masih ada satu gejala saat di hidupkan menyebabkan MBC jeglek atau sekring kadang putus. Ini kerusakan pada FET, tapi di lain kesempatan juga karena dioda primer bridge yang mengarahkan tegangan 220V langsung dari starter. Untuk memperbaiki speaker aktif polytron yang mati total butuhkan kesabaran untuk mencari komponen yang mati.

Jika tidak menemukan komponen yang meyebabkan FET mati terus, dapat memakai alternatif yakni memakai Gatcun.

Hal yang berhubungan dengan ini tidak ada hubunganya dengan speaker aktif yang mati standby. Karena masalah pada sepaker aktif yang standby karena area sekunder (output) regulator.

Kata Penutup

Demikian sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.