Tv Sharp Piccolo Slim Kadang Mati Sendiri

Tv Sharp Piccolo Slim Kadang Mati Sendiri

Tv Sharp Piccolo Slim Kadang Mati Sendiri – Kali ini saya memperbaiki TV merek SHARP piccolo slim ukuran 21 inc dengan gejala kadang mendadak mati standby saat belum lama dinyalakan. Atau kadang tidak mati meski menyala seharian. Tapi kadang baru beberapa menit dinyalakan TV mati standby. Kemungkinan TV SHARP ini protek.

TV SHARP saya ini di beli tahun 2012 sampai sekarang. Mungkin karena TV ini sudah berumur cukup tua jadi wajar jika terjadi kerusakan.

TV Sharp Piccolo Slim Kadang Mati Sendiri

Pemeriksaan dan Penanganan

Awalnya saya kira hanya masalah di solderan yang menurun kualitasnya. Meski SHARP jarang sekali bermasalah dalam kualitas solderan karena masih tergolong bagus. Namun tidak tertutup kemungkinan ini terjadi juga. Karena pemakaian TV yang kerja keras setiap hari membuat panas sehingga terjadi penurunan kualitas solderan merupakan hal wajar.

Setelah saya perhatikan dengan seksama ternyata ada beberapa keretakan terutama bagian transistor horizontal dan kaki kaki flyback. Selain itu terjadi keretakan bagian kaki IC vertikal. mungkin ini penyebabnya.

Saya Langsung solder ulang bagian tersebut kemudian bagian lain seperti bagian blok RGB dan sekitar blok horizontal. Karena ini biasanya menyebabkan TV SHARP sering protek.

Sesudah soder ulang TV malah tidak bisa start.

Saat TV di nyalakan lampu indikator menunjukan seperti protek, lampu menyala terang kemudian redup. Sepertinya IC jungle dapat start tapi transistor horizontal tidak dapat bekerja. Mungkin terjadi kerusakan pada horizontal.

Saya sempat curiga transistor horizontal dan capasitor resonant yang rusak. Karena sebelum saya memperbaiki TV SHARP ini gejala sebelum TV mati ada kilat raster satu garis vertikal sebentar saja. kemudian TV mati standby.

TV SHARP piccolo slim memakai transistor horizontal dengan tipe C6092. Setelah saya ukur normal. Saya curiga capasitor resonant. Tidak sempat ingat berapa ukuranya tapi pada capasitor terlihat retak pada solderany.

Tapi masih saja TV belum bisa start.

Saya pikir apa mungkin blog vertikal. Tapi sudah saya solder ulang. IC vertikal memakai LA78040B.

Letak titik protek TV SHARP piccolo

Lalu saya mencari di internet tentang TV SHARP piccolo protek.

Dan hasil yang saya dapatkan titik protek TV SHARP piccolo terdapat pada:

  • Pin protek utama pin 81 normal terukur 4V
  • Pin 83 sync vertikal
  • Q603 heater
  • D605 +185V
  • D203 +33V tuner
  • D1008 +5V
  • D608 ABL

Periksa semua komponen atau tegangan tapi percuma dan ternyata flyback belum bekerja. Maka percuma mengukur tegangan out video jika flyback tidak bekerja.

Apa mungkin flyback masalahnya?

Sebelum memastikan flybak yang mati, saya coba mengukur transistor driver horizontal. Ketika saya amati ternyata solderan transistor driver horizontal ada keanehan.

Ternyata ketika saya solder ulang transistor driver ada kesalahan yakni timah pada kaki colektor dan emitor tergandeng. Pantas saja flyback tidak dapat bekerja karena transistor horizontal ternyata bermasalah.

Kemudian baru setelah menemukan kesalahan TV dapat start.

Ternyata kesalahan sendiri dapat repot urusan.

Tapi banyak yang saya dapat dari kesalahan ini. Mungkin permasalahan awal hanya solderan yang retak, tapi saat solder ulang ada kesalahan mensolder. Yakni terhubungnya colektor dan emitor transistor driver horizontal menyebabkan transistor horizontal tidak dapat bekerja.

Kata Penutup

Itu saja tentang Tv Sharp Piccolo Slim Kadang Mati Sendiri, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.