Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas – Mengalami kejadian timah tidak mau menempel pada mata solder memang sangat menjengkelkan. Apalagi ketika kita sedang sibuk rakit tiap komponen untuk menjadi perangkat yang sedang direncanakan. Ada beberapa penyebab mata solder tidak panas sehingga timah tidak melekat pada PCB. Hal ini harus rekan ketahui sehingga bisa mengatasi masalah yang sangat mengganggu ini.

Masalah solder tidak panas sering kita temui dan penyebabnya karena beberapa hal yang sebenarnya bisa kita tangani. Tergantung bagaimana menyikapinya sehingga bisa mengatasi masalah yang muncul. Bahkan jangan sampai mengganggu kinerja dari rangkaian yang akan di kerjakan.

Sebisa mungkin kualitas rangkaian jangan sampai terganggu karena permasalahan pada solder yang memang harus di pahami terlebih dahulu. Sehingga nantinya tidak akan menyusahkan kita saat praktek.

Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Berikut penyebab dan solusi memperbaiki solder kurang panas :

Faktor Penyebab

Kenapa solder yang kita pakai panasnya terasa tidak maksimal?. Ini bisa di sebabkan karena beberapa factor. Diantaranya yaitu kualitas solder itu sendiri, mulai dari elemen yang di pakai apakah sudah bagus atau belum. Hingga kualitas yang material di pakai pada mata solder.

Ciri solder kurang panas yaitu timah tidak mau menempel pada mata solder atau pada PCB dan komponen yang mau disolder. Lalu hanya akan menyebabkan banyak flek hitam yang nantinya akan menutupi lapisan tembaga pada PCB atau pada mata solder.

Kalau hal seperti ini di abaikan akan menyebabkan kita dalam hal solder menyolder akan terkendala. Yang nantinya bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada rangkaian elektronika yang kita buat.

Sebab solder tidak panas :

  1. Listrik PLN kurang stabil.
  2. Elemen solder tidak bagus atau rusak.
  3. Mata solder tidak berkualitas.
  4. Lapisan mata solder yang sudah terkikis atau rusak.
  5. Lapisan PCB atau komponen kotor membuat timah tidak menempel.

Dari beberapa sebab di atas kita perlu bisa memahami apa yang perlu di lakukan hingga masalah selesai. Yang nantinya akan meningkatkan hasil dari solderan kita.

Solusi Solder Kurang Panas

Mengatasi masalah mata solder tidak panas ketika di pakai menyolder kita perlu memahami sebab sebabnya dahulu. Sebagai contohnya kita bisa melihat beberapa poin di atas, sehingga penanganan akan tepat supaya semua akan mudah di lakukan.

Contoh solusi dari solder tidak panas:

  • Jika kualitas mata solder kurang bagus maka perlu di ganti dengan yang ber merek, contoh merek yang bagus yaitu mata solder goot buatan jepang.
  • Jika elemen yang bermasalah maka harus mengganti dengan yang baru.
  • Kalau listrik PLN yang kurang maksimal perlu di periksa kembali instalasinya, atau pengkabelan yang buruk.
  • Jangan lupa sediakan juga solder pasta atau gondorukem, supaya mata solder tidak kering.
  • Pakai juga busa atau kain yang di basahi air, sehingga bisa membersihkan mata solder saat dalam kondisi panas.

Itulah informasi yang solderpana sampaikan tentang Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas. Jika informasi bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Kegunaan Solder dan Jenis - Jenis Solder

Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder

Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder – Mungkin masih ada yang belum tau apa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.