Mengatasi Receiver Mati Standby Dan Beberapa Penyebab

Mengatasi Receiver Mati Standby Dan Beberapa Penyebab

Mengatasi Receiver Mati Standby Dan Beberapa Penyebab – Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki receiver parabola yang mati standby, dalam kerusakan ini awalnya saya kesulitan memperbaikinya. Tapi semua itu membutuhkan ilmu dan pengalaman.

Receiver Mati Standby Dan Beberapa Penyebab

Berikut telah saya catat pengalaman saya ketika memperbaiki receiver DVB MPEG 2.

DVB receiver yang hanya menyala pada lampu LED

Permasalahan pertama saya menemukan kerusakan pada DVB receiver yang hanya menyala pada lampu LED merahnya saja seperti standby. Tapi jika di nyalakan memakai remot tidak dapat menyala.

Setelah casing terbuka, ternyata terlihat ada elco pada bagian power supply atau AC matic yakni elco yang memyaring tegangan 3,3V bernilai 1000 uf atau 10 melar.

Langsung saya copot dan ganti dengan elco baru.

Lalu coba nyalakan dan memastikan voltasenya normal atau tidak normal dengan posisikan AC matic tidak terhubungkan dengan MPEG untuk menghindari tegangan over.

Tegangan over bisa merusak MPEG, untuk itu saya mengukur tanpa beban MPEG receiver. Setelah tegangan normal langsung saya sambungkan dan nyalakan.

Kemudian receiver dapat star normal, ini berati permasalahan ada pada elco 1000 uf10V yang melar mengakibatkan receiver standby dan tidak dapat star.

Receiver tidak bisa menyala hanya led yang menyala berkedip kedip

Pernah juga mendapat DVB receiver matrix burger dengan keluhan receiver tidak bisa menyala dan hanya led yang menyala berkedip kedip. Langsung saya bukak casingnya.

Pengamatan langsung ke AC matic. Dan AC matic tidak ada yang mencurigakan.

Lalu saya ukur tegangan output AC matic. Ternyata benar semua tegangan output mengalami drop 4V.

Coba saya ganti semua elco yang memfilter output AC matic, ternyata hasilnya tetap sama saja.

Pikiran saya mulai terbuka, saya mencurigai bagian AC matic primer di dekat IC ada elco 47uf 35V yang short. Kecurigaan saya ternyata benar setelah saya mengganti elco 47uf tegangan kembali normal. Selesai permasalahan receiver dengan LED berkedip kedip.

Lalu saya melakukan pemasangan kembali kabel soket AC matic yang menuju MPEG. Kemudian saya tes menyala, awalnya hanya terlihat LED merah tidak berkedip lagi.

Kemudian setelah beberapa detik terlihat tanda setrip di angka indikator DVB dan beberapa detik terlihat angka sudah menyala bertanda MPEG sudah bekerja. Dan berahir sudah.

Ada lagi receiver matrix planet dengan permasalahan yang sama lampu berkedip. Karena sudah pernah nemukan masalah ini saya langsung ganti elco 47uf. Ternyata setelah saya ganti elco 47uf, tidak ada hasil.

Lalu apa masalahnya?.

kecurigaan saya berlanjut ke keluarga AC matik primer dekat IC. Saya mencoba mengganti capasitor yang warna hijau sodara elco 47uf tadi. Ternyata benar capasitor yang berukuran 167j ini nilai capasiasnya berkurang. Langsung saya ganti dengan yang baru.

Dan berhasil ini masih sama permasalahannya ada pada bagian AC metic primer, yang menyebabkan LED receiver berkedip kedip.

Kata Penutup

Itu saja dari solderpanas semoga bermanfaat tentang Mengatasi Receiver Mati Standby Dan Beberapa Penyebab, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.