Cara Mudah Memperbaiki TV Hilang Suara

Cara Mudah Memperbaiki TV Hilang Suara

Cara Mudah Memperbaiki TV Hilang Suara – Memperbaiki sebuah TV yang tidak ada suaranya itu sangat mudah dipelajari oleh siapa saja. Tapi dengan catatan perlu mengenal komponen dasar elektronik. Terlepas dari tidak menguasai juga sebenarnya dapat untuk memperbaiki TV yang suaranya hilang. Dengan pengetahuan dasar atau penanganan sederhana yang dapat dilakukan. Misal hanya masalah kabel TV tidak mengeluarkan suara.

Berikut saya tuliskan untuk rekan tentang memperbaiki TV tidak ada suara. Mungkin cara ini cukup sederhana dan mudah mudahan bisa mengatasi permasalahan yang rekan sedang hadapi.

Servis TV tidak mengeluarkan suara itu mudah asalkan rekan tau cara mengatasinya dengan langkah yang benar.

Cara Menangani TV Hilang Suara

Langkah ini sering saya gunakan, beberapa terbukti sangat efektif dalam memperbaiki tv dengan gejala kerusakan suara hilang. Permasalahannya bisa disebabkan oleh kerusakan ic audio tv atau pun hanya komponen yang mendukung kinerja dari sistem audio tv. Karena permasalahannya sangat tidak pasti maka harus menempuh langkah langkah agar bisa berurutan.

Pastikan Input TV 

Gejala kerusakan TV yang suaranya hilang ada kemungkinan bukan dari dalam mesinnya. Karena itu, Sebelum rekan membuka casing TV lebih baik periksa dulu bagian input, berupa kabel RCA. Pastikan program tidak dalam mode mute. Adjusmen volume di 100 persen atau full.

Kemudian sentuh jek RCA bagian warna merah dan putih. Jika terdengar suara atau ada respon dari speaker berarti yang permasalahan ada pada sumber input. Misal receiver yang bermasalah atau DVD rekan rusak.

Kerusakan yang karena kabel input akan ditandai dengan adanya suara dengung atau kemresek pada speaker. Untuk mengatasi ini cobalah periksa RCA dengan mengganti kabel yang baru.

Penggantian kabel RCA yang baru dapat mencegah kerusakan TV bagian IC suara TV. Ini sering terjadi pada kabel RCA sambungan, jek yang sudah berkarat dan sudah longgar.

Periksa Tegangan Jalur Audio

Jika cara di atas belum dapat mengatasi masalah rekan coba bukak casing TV dengan keadaan mati.

Periksa bagian amplifier dengan nyalakan TV dan sentuh bagian input kaki IC power Amplifier. Untuk mengetahui blok suara TV rekan perlu paham letak blok audio TV. Jika salah akan berbahaya. Untuk mudahnya rekan dapat mengurutkan jalur dari speaker. Setelah ketemu IC, rekan cari data IC nya, kaki nomer berapa di bagian input dan itulah yang rekan sentuh

Jika tidak ada respon dari speaker saat input disentuh memakai jari, periksa dulu speaker dengan memakai Ohm Meter ×1.

Jika rekan tidak mempunyai tester rekan dapat memakai baterai AA yang dihubungkan pada kedua kutub speaker. Jika speaker normal akan terdengar suara dengung kecil. jika tidak ada respon bisa jadi ada kerusakan pada speaker.

Kemudian periksa tegangan power supply pada jalur blok power Amplifier. Biasanya tegangan antara 12 hingga 15V DC.

Jika tegangan power tidak ada, coba copot beban dari IC power amplifier. Jika setelah mencopot beban tegangan tumbuh dari sebelumnya tidak ada sama sekali, dipastikan power audio mengalami short. Tegangan drop dari 12V, kemungkinan elco filter dari output regulator sudah kering.

Power Audio Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Terdapat 2 kemungkinan. Pertama IC control yang mati dan kedua terdapat komponen pendukung yang mati.

Cara menanganinya, periksa amati dengan seksama keadaan solderan secara detail bila perlu solder ulang pada kaki mulai dari IC control sampai dengan IC audio.

Periksa elco pembatas input pada kaki audio. Cara menyelidiki IC control masih bagus atau rusak dengan mengurutkan.

Pertama sentuh bagian input IC control, untuk mengetahui kaki input bagian audio. Dengan mencari Data Site IC audio TV dulu atau lebih simpelnya urutkan dari soket input TV.

Jika sudah ketemu coba sentuh bila terdapat respon dari sentuhan ke audio menandakan IC control normal. Tapi jika tidak ada berarti IC control mati.

Sebenarnya untuk yang memakai antena parabola tidak harus mengganti IC control yang bermasalah. Cukup dengan jumper soket Input audio ke kaki IC power amplifier.

Untuk pengaturan volume dapat di lakukan di receiver. Untuk yang masih memakai antena jika IC control mati harus di ganti.

Periksa Speaker

Gejalanya tidak adanya respon suara dari speaker saat di berikan Input karena itu periksa memakai Ohm Meter. Jika masih nyambung menandakan speaker masih bagus. Speaker mati sering ditemukan pada TV yang memakai 1 speaker saja karena kerja speaker yang terlalu berat.

Sedangkan yang memakai 2 speaker jarang terjadi loudspeaker mati. Jika yang memakai 2 speaker tapi tidak ada suara permasalahan ada pada blok audio amplifier.

Itu saja semoga bermanfaat tentang Cara Mudah Memperbaiki TV Hilang Suara, sekian dan terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …