Bagaimana proses pernapasan pada manusia?

Bagaimana proses pernapasan pada manusia?

Jawaban :

Proses pernapasan pada manusia dibagi menjadi pernapasaan dada dan perut. Pernapasan dada dilakukan dengan bantuan otot antar tulang rusuk. Sedangkan pernapasan perut dilakukan dengan bantuan otot diafragma.

Proses pernapasan merupakan proses pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida. Proses ini dibagi menjadi proses pernapasan dada dan perut.

  • Pernapasan dada dilakukan dengan bantuan otot antar tulang rusuk. Mekanisme menghirup udara pada pernapasan dada terjadi ketika udara masuk dan volume rongga dada meningkat akibat terangkatnya otot antar tulang rusuk. Sedangkan pada mekanisme pengeluaran udara, volume rongga dada mengecil akibat relaksasi pada otot antar tulang rusuk.
  • Pernapasan perut dilakukan dengan bantuan diafragma. Mekanisme menghirup udara pada pernapasan perut akan menyebabkan otot diafragma berkontraksi (lurus) dan rongga dada membesar. Sedangkan pada mekanisme pengeluaran udara, rongga dada mengecil akibat relaksasi dari otot diafragma (melengkung).

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …