Ada berapa banyak negara di Asia Tenggara

Ada berapa banyak negara di Asia Tenggara?

Jawaban :

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara jumlahnya adalah 11 negara.

Penjelasan :

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara jumlahnya adalah 11 negara, dimana setiap masyarakat yang berada di kawasan ini disebut dengan rumpun Melayu. Seluruh negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai iklim tropis dan merupakan negara bekas jajahan bangsa Eropa.
Berikut ini adalah daftar negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya karya Tri Prasetyono (2020).

1. Indonesia
Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam dan memiliki bentuk pemerintahan republik.

2. Malaysia
Ibu kota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur dengan pusat pemerintahan federal di Putrajaya dan termasuk negara federal.

3. Singapura
Ibu kota negara Singapura adalah Singapura dengan sistem pemerintahannya parlementer unicameral Westminter. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet dan berada di bawah kepemimpinan perdana menteri.

4. Brunei Darussalam
Ibu kota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Sri Begawan. Negara maju ini mempunyai Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di kawasan Asia Tenggara setelah Singapura.

5. Filipina
Ibu kota negara Filipina adalah Manila dengan republik sebagai bentuk pemerintahannya. Jadi, presiden berfungsi sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, dan panglima tertinggi angkatan bersenjata.

6. Vietnam
Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Di Vietnam, Republik Sosialis Vietnam menjadi satu-satunya partai komunis yang diperbolehkan ikut dalam pemerintahan.

7. Thailand
Ibu kota negara Thailand adalah Bangkok dan mempunyai sistem pemerintahan parlementer monarki konstitusional.

8. Kamboja
Ibu kota negara Kamboja adalah Phnom Penh dan termasuk negara monarki konstitusional di Asia Tenggara dengan sistem pemerintahan kerajaan kesatuan elektif.

9. Laos
Ibu kota negara Laos adalah Vientiane dan dipimpin oleh seorang raja dengan masa jabatan selama 5 tahun serta perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya.

10. Myanmar
Ibu kota negara Myanmar adalah Naypyidaw dan menganut sistem pemerintahan kesatuan parlemen republik konstitusional.

11. Timor Lester
Ibu kota negara Timor Lester adalah Dili dan menganut sistem republik semi presidensial.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …