Mengindentifikasi letak geografis negara negara ASEAN

Mengindentifikasi letak geografis negara negara ASEAN…

Jawaban :

ASEAN terdiri dari 10 negara, berikut letak geografisnya:
1) Indonesia -> terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
2) Malaysia -> terletak berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan, Indonesia, Selat Singapura, Selat Malaka, dan Thailand.
3) Singapura -> terletak berbatasan dengan Selat Johor sebelah barat dan utara.
4) Thailand -> terletak berbatasan dengan Myanmar dan Laos di utara, Malaysia dan teluk Thailand di selatan, Kamboja dan Laos di timur, serta Myanmar di barat.
5) Brunei Darussalam -> terletak berbatasan dengan Malaysia di barat, Laut Tiongkok Selatan di bagian utara.
6) Kamboja -> terletak berbatasan dengan Thailand di barat, dan Vietnam di timur.
7) Filipina -> terletak berbatasan dengan Samudra Pasifik di timur, Laut Sulawesi dan Laut Suhu di selatan, dan Laut Tiongkok Selatan di barat.
8) Laos -> terletak berbatasan dengan Tiongkok dan Vietnam di timur, Laos dan Thailand di barat, dan Kamboja di selatan.
9) Vietnam -> terletak berbatasan Teluk Siam, Laos dan Kamboja di barat, Tiongkok di utara, dan Laut Tiongkok Selatan di selatan.
10) Myanmar -> terletak berbatasan dengan Tiongkok di utara, Laut Andaman di selatan, Teluk Benggala di barat, serta Laos dan Thailand di timur.

Penjelasan :

ASEAN merupakan organisasi untuk negara-negara di Asia Tenggara. Batas ASEAN bagian utara adalah Tiongkok, selatan adalah Australia dan Samudra Hindia, timur adalah Samudra Pasifik, sebelah barat adalah Bangladesh, Samudra Hindia dan Maladewa. ASEAN terdiri atas 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Laos, Vietnam, dan Myanmar. Negara-negara tersebut memiliki letak geografisnya masing-masing.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ASEAN terdiri atas 10 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Laos, Vietnam, dan Myanmar) dengan kondisi letak geografisnya masing-masing.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …