Sebutkan bagian – bagian bunga beserta fungsinya!

Sebutkan bagian – bagian bunga beserta fungsinya!

Jawaban :

1. Tangkai bunga (pediselus) Tangkai bunga merupakan penghubung antara bunga dengan ranting dan berfungsi sebagai penopang bunga.

2. Dasar bunga (reseptakulum) Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

3. Mahkota bunga (corolla) Mahkota bunga adalah organ perhiasan bunga yang berukuran lebih besar daripada kelopak bunga. Warnanya yang mencolok dapat menarik serangga untuk membantu proses penyerbukan.

4. Kelopak bunga (calix) Kelopak bunga adalah organ perhiasan bunga yang menjadi bagian terluar dari bunga yang melindungi kuncup bunga.

5. Benang sari (stamen) Benang sari adalah organ reproduksi (alat kelamin jantan) pada tumbuhan dan terletak mengelilingi putik. Pada ujung benang sari terdapat kepala sari yang berisi serbuk sari (pollen).

6. Putik (pistilum) Putik adalah organ reproduksi (alat kelamin betina) tempat pembentukan sel telur. Bagian penyusun putik adalah kepala putik (stigma), tangkai putik (stillus), dan bakal buah (ovarium). Di dalam ovarium terdapat bakal bijii (ovulum).

 

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …