Bagaimana cara terjadinya hujan?

Bagaimana cara terjadinya hujan?

Jawaban :

Siklus hidrologi atau siklus air adalah rangkaian atau tahapan yang dilalui oleh air dari bumi, ke atmosfer, dan kembali lagi ke bumi.

Siklus hidrologi ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Siklus air pendek. Pada siklus ini terjadi evaporasi atau penguapan air. Panas matahari akan membuat air sungai, danau, dan laut menguap menjadi butiran atau uap air. Kemudian terjadi kondensasi atau pengembunan. Uap air hasil proses penguapan akan naik ke atmosfer menjadi titik-titik air, hingga akhirnya terbentuk menjadi awan. Terakhir, terjadi presipitasi atau disebut hujan. Siklus air pendek biasa terjadi di laut.

2. Siklus air sedang. Pada siklus ini proses yang dilalui sama, hanya saja sebelum presipitasi ada proses adveksi. Adveksi adalah bergeraknya awan menuju tempat lain karena bantuan angin. Sehingga dalam siklus ini hujan biasa terjadi di darat.

3. Siklus air panjang. Pada siklus ini proses yang dilalui sama seperti siklus sedang, namun awan bergerak menuju tempat yang lebih tinggi dan dingin karena bantuan angin. Hujan biasa terjadi di pegunungan dan berupa hujan es.

Leave a Reply

Your email address will not be published.