Manfaat energi matahari bagi hewan adalah?

Manfaat energi matahari bagi hewan adalah?

Jawaban:

Energi matahari bagi hewan bermanfaat untuk membantu pembentukan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang hewan, untuk mengatur suhu tubuh hewan, dan membantu menjaga ketersediaan makanan hewan herbivora di alam.

Pembahasan:

Manfaat energi matahari bagi hewan adalah dapat membantu pembentukan vitamin D, sehingga hewan memiliki tulang yang kuat. Kemudian sinar matahari juga bermanfaat untuk membantu hewan agar dapat mengatur suhu tubuhnya. Ketika suhu tubuh hewan menurun, maka hewan akan berdiam diri pada daerah yang langsung terkena sinar matahari untuk menaikkan suhu tubuhnya. Kemudian di alam terdapat perpindahan energi melalui peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan). Energi matahari diperlukan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan energi, kemudian hewan herbivora (konsumen I) akan memakan tumbuhan dan hewan karnivora (konsumen II) akan memakan konsumen I. Ketika jumlah produsen (tumbuhan) menurun karena tidak memperoleh energi matahari yang cukup, maka konsumen I dan konsumen II akan mengalami penurunan jumlah diakibatkan kurangnya ketersediaan makanan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.