Siapakah penemu listrik?

Siapakah penemu listrik?

Jawaban:

Hal kelistrikan diteliti oleh pemikir sekaligus peneliti listrik terkenal asal Amerika Serikat, Benjamin Franklin. Pada tahun 1751, Franklin berhasil mempublikasikan buku soal kelistrikan berjudul “Experiments and Observation of Electricity”. Franklin menerbangkan layangan yang dipasang pada sebuah ujung besi lancip saat terjadi hujan badai dan ingin membuktikan bahwa hujan dapat menyebabkan listrik statis secara besar-besaran.

Michael Faraday menemukan fenomena elektromagnetik. Dirinya mengamati bahwa dengan lilitan tembaga yang terhubung pada baterai ternyata menyebabkan medan magnet. Faraday memiliki hipotesis, jika listrik bisa menghasilkan magnet, maka magnet juga bisa menghasilkan listrik.

Dengan demikian, Benjamin Franklin berhasil memantik soal fenomena kelistrikan, tetapi Faraday bisa membuat pemikiran Franklin menjadi percikan yang lebih besar, yaitu listrik yang dapat dimanfaatkan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.