Bagaimana gempa bumi bisa terjadi?

Bagaimana gempa bumi bisa terjadi?

Jawaban:

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi bisa disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi (kerak bumi). Berdasarkan penyebab terjadinya, Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat dibedakan menjadi :

1. Gempa Bumi Tektonik Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak.

2. Gempa Bumi Tumbukan Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi.

3.Gempa Bumi Runtuhan Gempa bumi ini biasa terjadi pada daerah kapur atau daerah pertambangan. Gempa ini biasanya bersifat lokal.

4. Gempa Bumi Buatan Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti penggunaan peledak untuk merobohkan bangunan, meruntuhkan batu di area pertambangan, dan sebagainya.

5. Gempa Bumi Vulkanik Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila aktivitasnya semakin tinggi, akan menyebabkan timbulnya ledakan yang disusul gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …