Pada tanggal 10 november 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat di Surabaya peristiwa ini dilatarbelakangi oleh

Pada tanggal 10 november 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat di Surabaya peristiwa ini dilatarbelakangi oleh…

Jawaban :

Pertempuran Surabaya 10 November 1945 dilatarbelakangi oleh kedatangan sekutu yang diboncengi oleh Belanda, terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, dan ultimatum dari pihak sekutu terhadap pejuang republik di Surabaya.

Penjelasan :

Berdasarkan sejarah yang ada, awal terjadinya Pertempuran Surabaya dilatarbelakangi dengan adanya kedatangan pasukan sekutu pada tanggal 25 Oktober 1945 yang tergabung dalam AFNEI atau Allied Forces Netherland East Indies. Kedatangan pasukan AFNEI tersebut ke Surabaya tepatnya di Tanjung Perak dipimpin oleh seorang Jenderal yang bernama Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby yang kemudian membuat sebuah pos pertahanan.

Tujuan awal dari kedatangan sekutu tersebut adalah mengamankan tawanan perang, melucuti senjata para tentara Jepang serta menciptakan ketertiban setelah mengumandangkan kemerdekaan tersebut. Hal ini dilakukan oleh pasukan sekutu dengan menyebar selebaran yang memiliki maksud agar masyarakat setempat menyerahkan senjata yang mereka miliki ke pihak mereka.

Adanya perintah pasukan sekutu tersebut membuat masyarakat setempat di Surabaya marah dan menolak untuk menyerahkan senjata yang mereka miliki kepada pihak sekutu tersebut. Hal ini yang pada akhirnya memicu adanya gerakan dari masyarakat Surabaya untuk melakukan penyerangan dengan maksud untuk mengusir pasukan sekutu tersebut.

Selain itu latar belakang pertempuran Surabaya juga disebabkan meninggalnya Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby pada 30 Oktober 1945 dalam baku tembak selama Pertempuran Surabaya, selama Revolusi Nasional Indonesia. Pada saat kematiannya, Mallaby adalah Komandan Brigade India ke-49. Kematian Mallaby menjadi peristiwa besar bagi permusuhan di Surabaya, memicu aksi militer pembalasan.

Tinggalkan komentar