Hewan berikut yang tidak beradaptasi dengan cara berkamuflase adalah

Hewan berikut yang tidak beradaptasi dengan cara berkamuflase adalah

A. Belalang sembah

B. Harimau

C. Ayam

D. Zebra

Jawaban:

C. Ayam

Pembahsan:

Kamuflase adalah pertahanan atau taktik yang digunakan organisme untuk menyamarkan penampilan mereka, biasanya untuk berbaur dengan lingkungan mereka. Kamuflase adalah salah satu cara beradaptasi yang dilakukan hewan untuk bisa bertahan hidup, menghindari pemangsa, atau ketika ingin memangsa. Tujuan dari kamuflase yaitu agar ia tidak terlihat oleh musuhnya. Contoh hewan yang berkamuflase yaitu:

1. Zebra : memiliki warna kulit belang hitam – putih, garis pada zebra hampir identik satu sama lain, bisa meningkatkan peluang hidup pada zebra. Cara zebra berkamuflase untuk melindungi diri agar dapat mengelabuhi musuhnya.

2. Harimau : predator utama dan peringkat atas dalam rantai makanan, mereka tidak perlu bersembunyi dari hewan lain yang ingin memangsa mereka. Harimau terbantu oleh terbatasnya pandangan mangsa mereka. Rusa dan satwa lainnya tidak bisa melihat banyak warna, mirip seperti manusia yang buta warna. Kulit harimau tidak terlihat berwarna oranye menyala, tapi berwarna hijau dan menyatu dengan alam. Garis-garis ini membantu harimau menyaru dengan pohon-pohon dan rerumputan yang tinggi.

3. Belalang sembah : berwarna hijau, sehingga sering hidup di atas daun yang mempunyai warna sama. Mereka bebas memakan daun yang ditumpangi. Warnanya yang sama dengan daun membuatnya sulit ditemukan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …