Kenapa timor leste belum masuk ke dalam organisasi ASEAN?

Kenapa timor leste belum masuk ke dalam organisasi ASEAN?

Jawaban :

Alasan Timor Leste belum bergabung ke ASEAN karna adanya prokontra antara negara anggotanya seperti Singapura dan Laos tidak setuju Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN karena belum siap secara ekonomi.

Penjelasan :

Secara geografis, Timor Leste terletak di wilayah Asia Tenggara, tetapi, Timor Leste belum menjadi bagian dari ASEAN. Secara resmi, Timor Leste sudah mendaftar untuk keanggotaan ASEAN sejak 2011. Sebelum itu pada tahun 2002 Timor Leste telah mendapatkan kemerdekaannya dan statusnya sudah diakui oleh ASEAN. Pada tahun 2005, Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN Regional Forum. Tahun 2007, Timor Leste berhasil mendapatkan Treaty of Amity and Cooperation, salah satu sertifikasi yang perlu dipenuhi untuk menjadi bagian dari ASEAN.

Setelah lebih dari 8 tahun mendaftar, Timor Leste masih belum mendapatkan statusnya sebagai anggota ASEAN. Hal ini karena masih terdapat pro dan kontra antar anggota ASEAN mengenai keanggotaan Timor Leste. Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara utama yang paling mendukung keanggotaan Timor Leste atas ASEAN. Di sisi lain, Singapura dan Laos masih belum setuju jika Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN.

Singapura dan Laos tidak setuju Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN karena mereka menganggap Timor Leste belum siap secara ekonomi. Selain itu mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengatakan, kondisi negaranya yang miskin menghambat upaya negara muda ini untuk menjadi anggota ASEAN.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …