Salah satu upaya pemerataan pendapatan bagi masyarakat di pedesaan adalah dengan

Salah satu upaya pemerataan pendapatan bagi masyarakat di pedesaan adalah dengan …
a. mengikuti pelatihan penerapan teknologi di bidang pertanian
b. membiarkan pihak asing mengeksploitasi sumber daya alam
c. mendorong masyarakat mencari pekerjaan dan membuka usaha di kota besar
d. mengirim masyarakat menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri

Jawaban :

a. Mengikuti pelatihan penerapan teknologi di bidang pertanian.

Penjelasan :

Menurut Selo Soemardjan (dalam Herabudin, 2015), perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan yang memengaruhi sistem sosialnya. Dalam artian, perubahan sosial pada elemen masyarakat akan merubah cara hidup masyarakat secara keseluruhan yang dapat dilihat sebagai kehidupan yang dinamis.
Dampak dari perubahan sosial adalah:

1. Efisiensi dalam kehidupan masyarakat, adanya efisiensi yang membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti melalui perkembangan teknologi.
2. Kesejahteraan masyarakat meningkat, terjadinya peningkatan pendapatan, taraf Kesehatan keluarga, dan investasi ekonomi.
3. Transformasi politik, terjadi ketika adanya pergantian pemimpin dan membuat sistem pemerintahan yang baru melalui kebijakan yang dibuatnya dalam berbagai bidang.
4. Modernisasi, adanya kemajuan teknologi di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, politik, dan budaya.
5. Integrasi, kemampuan masyarakat untuk beradaptasi degan kebudayaan baru sehingga tercipta pembauran antarkelompok pada masyarakat seperti melalui proses akulturasi dan asimilasi.
Salah satu upaya yang mendorong perubahan sosial adalah peningkatan teknologi pada masyarakat pedesaan sehingga mereka mampu memaksimalkan penggunaan teknologi pertanian terbaharukan guna meningkatkan produktivitas pertanian.

Tinggalkan komentar