Jauh sebelum agama Islam masuk dan berkembang di Indonesia, nenek moyang bangsa Indonesia telah menganut kepercayaan

Jauh sebelum agama Islam masuk dan berkembang di Indonesia, nenek moyang bangsa Indonesia telah menganut kepercayaan .
a. Shinto
b. Hindu
c. monotheisme
d. animisme dan dinamisme

Jadi jawaban yang benar adalah D. Animisme dan dinamisme.

Berikut penjelasannya ya!

Indonesia merupakan negara multikultural yang memiliki sistem sosial majemuk karena terdiri dari banyak kelompok dan kebudayaan. Keberagaman tersebut dimulai dari kepercayaan pra-aksara pada peradaban nenek moyang di Nusantara pada masa lalu. Hasil budaya masa pra aksara tidak hanya berkisar mengenai sesuatu yang berbentuk benda (fisik) namun dapat berupa sesuatu yang abstrak (non-fisik) yakni salah satunya kepercayaan, dan pada masa pra aksara munculnya kepercayaan Animisme dan Dinamisme.
Animisme berasal dari bahasa Latin anima atau “roh” adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaan agama yang mula-mula muncul di kalangan manusia purba. Kepercayaan animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar, mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia. Sedangkan Dinamisme merupakan kepercayaan tentang adanya kekuatan ghaib yang terdapat pada berbagai barang baik yang hidup (manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan) atau yang mati.
Dengan demikian Animisme adalah suatu kepercayaan pada roh-roh nenek moyang dan dinamisme adalah suatu kepercayaan pada benda-benda ghaib.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …