Jelaskan keterkaitan antara region Amerika utara dan Amerika Latin dengan budaya Eropa

Jelaskan keterkaitan antara region Amerika utara dan Amerika Latin dengan budaya Eropa…

Jawaban :

Amerika Latin – masyarakat Amerika Latin adalah pengguna bahasa Portugis dan bahasa Spanyol diimana dalam bahasa Spanyol : América Latina; sementara dalam bahasa Perancis : Amérique Latine) adalah sebutan untuk sebuah wilayah di benua Amerika yang sebagian besar penduduknya merupakan penutur asli berbahasa Roman terutama bahasa Spanyol dan bahasa Portugis yang berasal dari bahasa Latin. Istilah Amerika Latin dipakai untuk membedakan wilayah ini dengan wilayah Anglo Amerika yang terkadang dipakai untuk menyebut wilayah benua Amerika dengan mayoritas penduduk adalah penutur asli bahasa Inggris.

Pada umumnya istilah Amerika Latin hanya berdasarkan wilayah di benua Amerika dimana penduduknya menggunakan bahasa Spanyol atau Portugis, yakni Meksiko, serta sebagian besar Amerika Tengah, sementara Amerika Selatan ditambah Kuba, Republik Dominika , Puerto Riko di Karibia.

Dalam pengertian sempit, Amerika Latin merujuk kepada negara dan teritori di benua Amerika yang penduduknya adalah penutur asli bahasa Roman (bahasa yang berasal dari bahasa latin), seperti: bahasa Spanyol, Portugis, Prancis, dan bahasa-bahasa Kreol. Menurut definisi Amerika Latin juga mencakup teritori dan bekas teritori Prancis, yaitu : Quebec di Kanada, Haiti, Martinique, dan Guadeloupe di Karibia, serta Guyana di Prancis di Amerika Selatan.

Tinggalkan komentar