5 syarat pokok dalam pembuatan Peta adalah

5 syarat pokok dalam pembuatan Peta adalah…

Jawaban :

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. Terdapat beberapa syarat untuk membuat peta agar sesuai dan dapat digunakan. Syarat pembuatan peta dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu syarat pembuatan peta yang baik dan syarat pembuatan peta berdasarkan kelengkapan unsur-unsur peta.

Syarat pembuatan peta yang baik adalah:
– Equivalent, luas wilayah pada peta harus sesuai dengan luas wilayah yang sebenarnya setelah diperkecil dengan menggunakan skala.
– Equidistant, jarak wilayah pada peta harus sesuai dengan jarak wilayah yang sebenarnya setelah diperkecil dengan menggunakan skala.
– Conform, bentuk dari wilayah yang digambar pada peta harus sesuai dengan bentuk wilayah sesungguhnya di lapangan.

Syarat pembuatan peta berdasarkan kelengkapan unsur-unsur peta adalah menyertakan 10 unsur pada peta, yaitu judul, skala, garis astronomis, penunjuk arah (orientasi), simbol, legenda, inset, sumber peta, tahun pembuatan peta, dan garis tepi.

Jadi, syarat pokok dalam pembuatan peta, antara lain equivalent, equidistant, conform, menyertakan unsur-unsur peta, seperti skala, garis astronomis, penunjuk arah (orientasi), simbol, legenda, inset, sumber peta, tahun pembuatan peta, dan garis tepi.

Tinggalkan komentar