Jelaskan mengapa negara amerika serikat memiliki iklim bermacam macam

Jelaskan mengapa negara amerika serikat memiliki iklim bermacam macam…

Jawaban :

Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di 24º33’LU – 70º23’LU dan 172º BB – 66º BB. Hal ini menyebabkan seluruh kawasan Amerika Serikat terletak di belahan bumi utara serta barat. Letak astronomis ini membawa pengaruh secara langsung ataupun tidak pada jenis iklim Amerika Serikat.

Penjelasan :

Secara lebih spesifik, Amerika Serikat membagi iklimnya menjadi enam kelompok berdasarkan lokasi. Berikut penjelasannya:

Iklim laut sedang yang basah, terdapat di antara Pantai Barat di bagian utara Amerika Serikat.
Iklim subtropis, terdapat di dataran pantai bagian selatan dan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Iklim kering, terdapat di Dataran Tinggi Colorado, Great Basin dan Central Plain.
Iklim laut sedang, terdapat di bagian timur Amerika Serikat.
Iklim dingin, terdapat di sebagian wilayah Alaska.
Iklim laut tropis yang terdapat di Kepulauan Hawai.
Walau memiliki iklim yang beragam, secara keseluruhan Amerika Serikat memiliki empat musim, yakni musim semi, dingin, gugur, dan panas.

Selain itu, suhu di negara ini juga sangat dipengaruhi oleh iklim dan lokasinya. Misal suhu di Alaska cenderung lebih rendah atau dingin karena letaknya yang berdekatan dengan Kutub.

Selain memengaruhi suhu udara, iklim di Amerika Serikat juga berpengaruh pada pertumbuhan vegetasi, tanah, serta satwa liarnya. Sehingga dapat dikatakan jika negara ini memiliki kelompok flora, fauna, serta jenis tanah yang khas sesuai dengan pembagian iklimnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di 24º33’LU – 70º23’LU dan 172º BB – 66º BB. Hal ini menyebabkan seluruh kawasan Amerika Serikat terletak di belahan bumi utara serta barat. Letak astronomis ini membawa pengaruh secara langsung ataupun tidak pada jenis iklim Amerika Serikat.

Baca Juga :  Tuliskan data jumlah penduduk terbaru di Indonesia dan berdasarkan jumlah tersebut, Indonesia termasuk pada urutan terbanyak ke berapa?