Pengaruh keragaman bentang alam terhadap mata pencaharian penduduk ASEAN

Pengaruh keragaman bentang alam terhadap mata pencaharian penduduk ASEAN…

Jawaban :

ASEAN merupakan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara. Saat ini ASEAN memiliki 10 negara anggota. Karena berbagai proses yang terjadi, kawasan Asia Tenggara memiliki bentang alam yang sangat beragam. Keragaman bentang alam di kawasan Asia Tenggara terdiri dari rangkaian pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, hutan hujan tropis, dan beberapa negaranya berbentuk kepulauan.

Sementara itu, mata pencarian penduduk biasanya menyesuaikan dengan kondisi bentang alam yang dapat dimanfaatkan. Sebagai contoh, sebagian besar penduduk yang tinggal di kawasan pegunungan akan memiliki mata pencarian di bidang perkebunan karena kondisi tanah dan iklimnya yang mendukung, kemudian penduduk yang tinggal di daerah pesisir akan memiliki mata pencarian sebagai nelayan karena letaknya yang dekat dengan laut, atau penduduk yang tinggal di dataran rendah akan bermata pencarian di sektor agraris karena bentang alamnya mendukung kegiatan pertanian.

Jadi, keragaman bentang alam kawasan Asia Tenggara menyebabkan mata pencarian penduduk ASEAN juga beragam sesuai dengan kondisi bentang alam tempat tinggalnya.

Tinggalkan komentar