Secara geografis negara ASEAN berada antara dua benua Asia dan Australia, berarti wilayah ini memiliki pola angin yang berubah setiap 6 bulan sekali. Maka kawasan ASEAN mengalami

Secara geografis negara ASEAN berada antara dua benua Asia dan Australia, berarti wilayah ini memiliki pola angin yang berubah setiap 6 bulan sekali. Maka kawasan ASEAN mengalami…

Jawaban dan Pembahasan :

Letak astronomis Kawasan ASEAN berada di kordinat 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT sehingga umumnya negara di Asia Tenggara beriklim tropis. Letak geografis Kawasan Asia Tenggara diapit oleh dua benua dan dua benua yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia. Karena berada di posisi tersebut Asia Tenggara dipengaruhi angin lokal. Pola angin lokal yang bertiup 6 bulan sekali sebagai faktor pembentuk iklim monsun (musim).

Pola angin lokal di Kawasan ASEAN terjadi antara bulan Oktober-April dipengaruhi angin muson barat. Pada saat ini, angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga menimbulkan musim hujan. Kemudian, sekitar bulan Mei-September dipengaruhi angin muson timur, yang mana angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga menyebabkan musim kemarau.

Jadi, jawaban dari pola angin yang berubah setiap 6 bulan sekali mengakibatkan kawasan ASEAN mengalami Musim Hujan dan Musim Kemarau.

Tinggalkan komentar