Mengapa manusia dapat memengaruhi perubahan ruang? Berikan contoh aktivitas manusia yang dapat memengaruhi perubahan ruang!

Mengapa manusia dapat memengaruhi perubahan ruang? Berikan contoh aktivitas manusia yang dapat memengaruhi perubahan ruang!

Jawaban :

Manusia dapat mempengaruhi perubahan ruang karena ruang merupakan tempat manusia dan mahluk hidup lain saling berinteraksi dan melakukan kegiatan. Contoh aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi perubahan ruang yaitu pembangunan perumahan.

Penjelasan :

Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya. Ruang itu tidak statis tetapi dinamis akibat dari adanya interaksi sehingga ruang dapat mengalami perubahan.

Umumnya, perubahan ruang bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor manusia dan faktor alam. Beberapa aktivitas manusia yang bisa mempengaruhi perubahan ruang, seperti penebangan hutan, pembangunan rumah, dan lainnya. Akibat dari aktivitas tersebut yang awalnya kawasan itu wilayah hutan atau pertanian dapat berubah menjadi lahan terbangun seperti gedung, perumahan, dan lain sebagainya.

Jadi, jawaban dari manusia dapat mempengaruhi perubahan ruang karena ruang merupakan tempat manusia dan mahluk hidup lain saling berinteraksi dan melakukan kegiatan. Contoh aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi perubahan ruang yaitu pembangunan perumahan.

Tinggalkan komentar