Penyebab dan Cara Mengatasi Freezer Tidak Beku pada Kulkas

Penyebab dan Cara Mengatasi Freezer Tidak Beku pada Kulkas

Masalah yang kerap kali muncul pada kulkas pintu 1 maupun 2 yaitu Freezer tidak beku. Freezer sendiri merupakan salah satu ruangan atau box dalam kulkas yang memiliki suhu paling dingin. Biasanya freezer berada di bagian atas dengan volume yang lebih kecil.

Suhu rata-rata freezer yang direkomendasikan untuk kulkas adalah minus 18 derajat celsius. Dengan begitu, membuat freezer menjadi tempat khusus untuk membekukan bahan makanan atau membuat es.

Tetapi, dengan lamanya digunakan membuat freezer kulkas menjadi rusak, salah satunya yaitu tidak membeku. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasi freezer yang tidak beku? Simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Freezer Tidak Beku

1. Coil Kondensor yang Kotor

Biasanya, coil kondensor sebuah freezer terletak di tempat yang berbeda-beda. Ada yang letaknya di dalam dinding freezer, adapun juga yang diletakkan di bagian belakang atau di bagian bawah. Untuk yang coil kondensor-nya berada di bagian dalam, biasanya coil tersebut cukup terlindungi sehingga tidak mudah kotor dan tidak perlu dibersihkan.

Tetapi, untuk coil yang letaknya di bagian bawah atau belakang, maka sebaiknya dibersihkan secara rutin 6-12 bulan sekali. Karena, coil itu berada di tempat yang mudah diakses dan terbuka. Jika coil kotor, maka kondensor tidak dapat menyerap panas secara efektif sehingga membuat kemampuannya untuk membekukan makanan jadi berkurang.

 

2. Motor Kipas Evaporator Bermasalah

Penyebab selenjutnya yaitu bisa disebabkan oleh Motor kipas evaporator. Motor kipas evaporator sendiri berfungsi untuk mengalirkan udara yang ada di atas coil evaporator supaya bisa diedarkan ke seluruh bagian freezer. Jika motor kipas evaporator sudah tidak berfungsi, maka freezer pun tidak akan bisa membekukan apapun.

Hampir semua lemari es kipas evaporator-nya akan berhenti jika pintunya dibuka. Untuk memeriksa motor kipas evaporator, kalian harus membuka pintu freezer dan mengaktifkan saklar pintu secara manual. Jika saklar sudah kalian aktifkan tetapi motor kipas evaporator masih saja tidak bekerja, maka kipas tersebut harus kalian ganti dengan yang baru.

 

3. Coil Evaporator Tertutup

Salah satu penyebab coil evaporator tertutup yaitu karena masalah pada sistem defrost. Sistem pemanas (defrost) biasanya setiap harinya akan menyala beberapa kali dalam sehari untuk mencairkan es yang mungkin sudah menumpuk di coil evaporator.

Tapi sayangnya, sistem defrost terkadang tidak bekerja dengan maksimal sehingga es pun akan terus menumpuk di coil evaporator. Hal tersebut akan membuat area freezer tidak beku atau dingin maksimal. Untuk memastikan apakah sistem defrost berfungsi atau tidak, kalian bisa menggunakan multimeter untuk menguji kontinuitas sistem tersebut.

 

4. Kipas Kondensor Tidak Berfungsi

Selanjutnya adalah kipas kondensor yang tidak berfungsi. Fungsi kipas kondensor sendiri untuk menarik udara melalui kondensor. Jika motor kipas bermasalah atau jika kipas tersebut tidak berfungsi, maka udara tidak akan bisa ditarik melalui kondensor.

Alhasil, freezer kulkas pun menjadi tidak bisa dingin atau beku. Oleh karena itu, kalian harus memeriksa motor kipas karena bantalan motor kipas ini bisa saja mengalami aus sehingga perlu diganti.

 

5. Pintu Kulkas Terlalu Sering Dibuka

Jika kalian membuka pintu freezer berulang kali dalam waktu singkat, maka sejumlah besar udara dingin yang ada dikulkas menjadi keluar. Maka hal itu akan membuat suhu freezer menjadi turun.

Ini juga bisa terjadi jika tidak menutup pintu sepenuhnya atau jika ada makanan yang menghalangi pintu ketika kalian mencoba untuk menutupnya.

Cobalah periksa dengan cermat segel di sepanjang kelilingnya, termasuk membuka pintu kulkas. Jika pintu tidak bisa ditutup, maka perbaiki segelnya supaya kulkas dapat bekerja secara maksimal.

 

6. Periksa Pengaturan Suhu  

Jika freezer tidak beku, maka cobalah untuk menyesuaikan dengan kontrol suhu ke pengaturan yang lebih rendah. Mungkin dibutuhkan waktu sampai 24 jam supaya freezer dapat mencapai suhu baru. Jadi, tunggulah beberapa saat sebelum kalian memeriksa kembali kondisi freezer kulkas.

Apalagi, jika kalian baru saja meletakkan makanan hangat atau panas ke dalam freezer. Kompartemen mungkin akan membutuhkan waktu 24 jam penuh untuk menstabilkan suhunya.

 

7. Ventilasi Freezer Terblokir  

Penyebab freezer tidak beku yang terakhir kemungkinan karena ventilasi sirkulasi udara di dalam kompertemen freezer. Jika kalian kesulitan untuk menemukan ventilasi di bagian freezer, maka kalian bisa melihat panduan manual. Jika sudah menemukannya, atur ulang makanan di freezer untuk memungkinkan aliran udara bisa didapat di area itu.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi freezer tidak beku pada kulkas.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati – Kini, kebayakan orang sudah …