Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay – Banyak cara yang digunakan untuk menghidupkan kulkas tanpa relay, hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kumparan relay PTC kulkas apakah masih dalam kondisi baik dan berfungsi atau sudah mengalami keruaskan. Biasanya teknik ini digunakan apabila masih belum begitu yakin jika relay yang menjadi penyebab kompresor kulkas rusak.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada saat akan menghidupkan kompresor langsung tanpa menggunakan relay adalah selalu waspada ketika memegang kabel yang ada arus listriknya.

Cara Kerja Relay PTC

Fungsi dari Relay PTC di kompresor adalah untuk mengaliri arus listrik sementara ke kumparan start kompresor. Pada saat kompresor menyala dan berputar maka arus listrik kemudian menuju ke kumpara starting akan terputus disebabkan oleh relay PTC.

Pada dasarnya PTC adalah sebuar resistor dengan nilai yang berubah-ubah, dan suhi dari resistor akan mempengaruhi perubahan nilai hambatan dari resistor.

Besarnya hambaran pada PTC adalah berbanding lurus dengan meningkatnya suhu penampang resistor PTC. Makin panas suhu sebuah resistor maka hambatanya juga semakin besar dan akan menyebabkan susah dialiri arus listrik.

Cara Kerja Overload

Jika relay PTC berfungsi untuk mengaliri arus listrik, maka berbeda dengan overload kulkas yang memiliki fungsi untuk mencegah terhadinya kerusakan pada kumparan kompresor yang diakibatkan oleh panas yang berlebih.

Jika kompresor mengalami kelebihan beban atau oli pendingin yang kering akan mengakibatkan panas yang berlebih pada kompresor.

Switch atau relay akan diaktifkan oleh logam bimetal didalam overload. Jadi komponen ini yang kemudian akan memutus dan mengubungkan arus listrik di kompresor.

Baca Juga :  Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Relay overload akan menghubungkan arus listrik dengan kompresor jika dalam keadaan suhu normal. Namun ketika sudhu didalam kompresor meningkat dan panas, maka logam bimetal yang ada didalam overload akan memuai yang disebabkan bimetal melengkung dan mengaktifkan relay untuk memutus aliras listrik.

Cara Menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay

Untuk menghidupkan kompresor tanpa relay, sebaiknya carai tahu terlebih dahulu socket terminal yang ada pada kompresor.

Ada 3 terminal socket pada kompresor,yaitu :

  • Terminal Starting
  • Terminal Com
  • Terminal Running

Fungsi dari kumparan starting di kompresos kulkan adalah untuk membantu pada saat kompresor dinyalakan pada pertama kali. Kumparan starting tidak berfungsi lagi jika kumparan running sudah dapat memutar poros dinamo kompresor.

Kumparan starting seringkali dekendalinkan oleh realay PTC dan Tanpa ada kumparan starting maka kumparan utama pada dinamo kompresor tidak bisa memutar poros pada saat dinyalakan.

Oleh karena itu kompresor kulkas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya apabila terjadi kerusakan pada relay PTC.

Kemudian untuk menghidupkan kompresor kulkas tanpa menggunakan relay,caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama konekan terminal com dan running dengan menggunakan colokan listrik dan jangan dihubungkan dulu dengan arus listrik pln.
  • Persiapkan sebuah kabel yang nantinya akan digunakan starting
  • Sambung ujung kabel ke terminal running
  • Sambungkan ke Listrik PLN supaya arus listrik masuk ke dalam kumparan running kompresor.
  • Hubungkan ujung kabel ke terminal starting sampai kompresor menyala kemudian lepas kembali kabel.
  • Yang perlu di ingat adalah, jangan terlalu lama menghubungkan kabel ke terminal starting karena bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor.

Cara Menghidupkan kompresor kulkas menggunakan switch

Ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menyalakan kompresor kulkas tanpa menggunakan relay, yaitu dengan menggunakan switch. Yang dibutuhkan untuk menggunakan cara ini adalah sebuah saklar switch yang nantinya akan menghubungkan kumparan dengan starting kompresor. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama siapkan sebuah saklar switch
  2. Kemudian sambungkan terminal starting menggunakan kabel ke terminal Com
  3. Sedangkan terminal No switch dihubungkan denan terminal running kompresor.
  4. Sambungkan ke Listrik PLN
  5. Tekan switch sampai kompresor menyala lalu lepas switch
Baca Juga :  Berikut 9 Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Lagi Dengan Mudah

Jika sudah mencoba dengan teknik diatas dan kompresor bisa menyala, maka ada kemungkinan kerusakan terjadi pada relay PTC sehingga menyebabkan kompresor mati.

Yang perlu diperhatikan adalah, selalu berhati-hati ketika menggunakan cara diatas karena tegangan yang yang masuk ke kompresor adalah listrik 220V yang tentunya sangat berbahaya jika sampai terkena badan.

Demikian pembahasan solderpanas.com tentang Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay, semoga dapat membantu permasalahan kalian dan semoga bermanfaat. Wassalam.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa ptc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *