Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan ginjal!

Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan ginjal!

Jawaban:

Cara menjaga kesehatan ginjal antara lain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, berhenti merokok, pola makan sehat, dan berolahraga.

Ginjal merupakan organ yang berperan dalam mengeluarkan urine. Ginjal akan menyaring zat sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh yang terdapat didalam darah dan nantinya akan dikeluarkan melalui urine. Oleh karena itu, ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Upaya untuk menjaga kesehatan ginjal, antara lain :
1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Asupan cairan yang cukup akan membantu ginjal untuk membersihkan zat sisa di dalam tubuh. Hal tersebut juga berkaitan dengan fungsi gnjal yaitu menjaga kadar air di dalam tubuh.

2. Olahraga. Olahraga akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu kerja ginjal. Namun, jangan memilih olahraga dengan intensitas tinggi karena hal tersebut juga dapat memperberat kerja ginjal. Setelah berolahraga, baiknya mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat saat berolahraga.

3. Pola makan sehat. Untuk menjaga kesehatan ginjal hindari untuk mengonsumsi garam terlalu banyak karena dapat mengganggu keseimbangan mineral di dalam darah.

4. Jangan merokok dan jangan mengonsumsi alkohol. Rokok bisa mengganggu aliran darah ke ginjal sehingga kerja ginjal akan terganggu dan alkohol akan membuat tubuh dehidrasi dan kondisi dehidrasi (kekurangan cairan) akan mengganggu kerja ginjal.

Tinggalkan komentar