Apa saja tumbuhan tumbuhan yg berbahaya?

Apa saja tumbuhan tumbuhan yg berbahaya?

Jawaban:

Beberapa tumbuhan yang berbahaya bagi manusia antara lain Hydrangea, bunga terompet, tanaman lidah mertua, dan oleander.

Pembahasan:

Tumbuhan memiliki banyak sekali manfaat bagi makhluk hidup lain termasuk manusia, terutama sebagai penyedia oksigen. Namun demikian, terdapat pula tumbuhan yang berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dari mulai mual, muntah, sesak napas, kejang, hingga kematian. Berikut ini adalah beberapa jenis tumbuhan yang berbahaya bagi manusia:

1. Hydrangea
Hydrangea adalah jenis tanaman hias yang memiliki ciri khas yaitu berbentuk seperti bola dengan warna daun yang warna warni. Sayangnya, seluruh bagian tanaman ini mengandung sianida, salah satu racun paling mematikan bagi manusia! Gejala keracunan yang sering ditimbulkan adalah muntah, napas berat, sakit perut, hingga koma.

2. Bunga terompet
Bunga terompet adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di pekarangan karena keindahan dan bentuk bunganya yang khas seperti terompet. Akan tetapi, tanaman ini berbahaya bagi manusia karena mengandung skopolamin dan atropin. Skopolamin dapat menyebabkan demam, muntah, gelisah, kebingungan, halusinasi, kejang dan melemahkan pernapasan. Sedangkan atropin membuat penglihatan jadi kabur, detak jantung menjadi cepat, kehilangan keseimbangan, mual, pusing dan sensitif terhadap cahaya.

3. Lidah mertua
Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer karena mampu menyaring udara. Tanaman ini berbentuk panjang, berdaun tebal, dan berujung runcing. Namun demikian, tanaman ini menyimpan racun pada bagian akar dan getahnya, meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi. Jika racun ini tertelan, maka dapat mengakibatkan sakit perut dan diare hebat.

4. 𝘕𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘰𝘭𝘦𝘢𝘯𝘥𝘦𝘳 (oleander)
Nerium oleander adalah adalah tanaman hias yang sering ditanam di pekarangan dan memiliki bunga yang cantik. Namun, tanaman ini menyimpan racun bernama oleandrin terutama dibagian batang, dan daunnya. Bagian nektarnya pun memiliki racun ini. Racun oleandrin ini bisa menyebabkan mual, muntah, sakit perut, diare, vertigo, kejang bahkan koma.

Tinggalkan komentar