Yang dimaksud dengan erupsi adalah

Yang dimaksud dengan erupsi adalah…

Jawaban :

Jadi erupsi adalah proses keluarnya magma dari perut bumi. Dengan kata lain, erupsi itu terjadi ketika suatu gunung api meletus.

Penjelasan :

Erupsi adalah proses keluarnya magma dari perut bumi. Dengan kata lain, erupsi itu terjadi ketika suatu gunung api meletus. Erupsi atau letusan gunung api berdasarkan kekuatannya memiliki dua macam, yaitu yang berupa ledakan (eksplosif) dan berupa lelehan (efusif).

1. Erupsi eksplosif adalah erupsi dengan tekanan yang sangat kuat, sehingga menghasilkan letusan yang besar atau ledakan. Hal ini karena magma di bawah gunung memiliki kandungan gas yang sangat tinggi, sehingga memiliki tekanan yang tinggi dan menghasilkan ledakan besar yang biasanya hanya satu kali.
2. Erupsi efusif adalah erupsi dengan tekanan yang kecil, sehingga hanya berupa lelehan yang berangsur keluar. Terjadi karena magma di dalamnya bersifat basa dan memiliki kandungan gas yang sedikit. Jadi biasanya erupsi tipe ini tidak menghasilkan ledakan yang dahsyat.

Maka erupsi adalah proses keluarnya magma dari perut bumi. Dengan kata lain, erupsi itu terjadi ketika suatu gunung api meletus.

Tinggalkan komentar