Mengapa indonesia memiliki keragaman budaya ? jelaskan!

Mengapa indonesia memiliki keragaman budaya ? jelaskan!

Jawaban :

Ada tiga faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki keragaman budaya, yaitu : faktor latar belakang historis, faktor geografis, dan faktor keterbukaan terhadap dunia luar.

Penjelasan :

Beberapa faktor penyebab Indonesia memiliki keragaman budaya adalah sebagai berikut :

1. Faktor latar belakang historis : Berdasarkan catatam sejarah, bangsa Indonesia merupakan bangsa imigran yang datang dari daerah Yunan Selatan (Indocina). Masuknya bangsa Yunan Selatan ke Indonesia terjadi secara bergelombang. Gelombang pertama disebut dengan Proto Melayu. Kemudian belombang kedua, yaitu bangsa Yunan Selatan yang masuk belakangan, disebut juga dengan deutero Melayu atau neo Melayu.

2. Faktor geografis : Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah secara fisik oleh lautan sehingga mengakibatkan terjadinya isolasi geografi atau pembatasan suatu daerah oleh karena keadaan alam tersebut. Sehingga terhambatlah proses interaksi masyarakat antar pulau yang menyebabkan terbentuknya masing-masing kebudayan tersendiri di setiap wilayah. Kemudian adanya perbedaan kondisi geografis telah melahirkan berbagai keberagaman budaya di Indonesia, misalnya seperti terdapatnya dataran rendah, dataran tinggi, wilayah pesisir, dan lainnya. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan pola kehidupan masyarakat. Dimana masyarakat akan mengembangkan corak kebudayaan yang khas dan cocok dengan lingkungan geografis sebagai upaya adaptasi.

3. Faktor keterbukaan terhadap kebudayaan luar : Pengaruh bangsa asing pertama yang masuk ke Indonesia yaitu ketika orang-orang India, Cina, dan Arab di susul oleh bangsa Eropa pada masa kerajaan atau pun penjajahan. Dimana bangsa tersebut datang membawa kebudayaan yang beranekaragam, sehingga terjadinya proses asimilasi ataupun akulturasi budaya.

Jadi, dapat disimpulkan ada tiga faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki keragaman budaya, yaitu : faktor latar belakang historis, faktor geografis, dan faktor keterbukaan terhadap dunia luar.

Tinggalkan komentar