Mengapa mata bisa mengeluarkan air mata?

Mengapa mata bisa mengeluarkan air mata?

Jawaban:

Saat kita menangis, mata memproduksi lebih banyak air mata. Peristiwa ini disebabkan oleh kelenjar air mata yang membesar dan bekerja lebih aktif sehingga menghasilkan banyak air mata sekaligus.

Pembahasan:

Mata memiliki bagian-bagian khusus yang disebut kelenjar (gland) yang membuat air mata keluar dan kita mulai menangis. Biasanya, kelenjar hanya menghasilkan sedikit air mata. Air mata terdiri dari dan sedikit garam, tetapi air mata juga memiliki sejumlah minyak, lendir dan bahan kimia yang disebut enzim pembunuh kuman.

Minyak yang terdapat dalam air mata merupakan alat pencegah air mata dari proses penguapan atau kebocoran dari mata. Jika kita tidak memiliki minyak di dalam air mata kita, maka mata kita benar-benar akan kering dan sakit.

Ketika berkedip kelopak mata menyebarkan air mata di sekitar mata, sedangkan lendir membantu air mata menempel pada bola mata. Sementara itu, sisa air mata akan mengalir melalui sistem drainase khusus, yang mengarah ke hidung.

Saat kita menangis, mata memproduksi lebih banyak air mata. Peristiwa ini disebabkan oleh kelenjar air mata yang membesar dan bekerja lebih aktif, sehingga menghasilkan banyak air mata sekaligus, seperti air mancur kecil. Kemudian, bagian otak yang berfokus pada “air mancur” tersebut akan menerima sinyal dari bagian otak yang mengendalikan emosi. Ketika ini terjadi, mata bisa menghasilkan lebih dari setengah cangkir air mata, hanya dalam hitungan menit.

Lalu, saat kita menangis, hidung kita pun turut mengeluarkan ingus. Dari mana asalnya? Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, sisa air mata akan mengalir melalui sistem drainase khusus, yang mengarah ke hidung.

Tinggalkan komentar