Benua kedua setelah Amerika yang dilewati oleh tiga garis lintang istimewa, yakni garis khatulistiwa, garis balik utara (tropic of cancer), dan garis balik selatan (tropic of capricorn) adalah

Benua kedua setelah Amerika yang dilewati oleh tiga garis lintang istimewa, yakni garis khatulistiwa, garis balik utara (tropic of cancer), dan garis balik selatan (tropic of capricorn) adalah…

Jawaban :

Benua kedua setelah Amerika yang dilewati oleh tiga garis lintang istimewa adalah Benua Afrika.

Penjelasan :

Berdasarkan luasnya, benua Afrika menduduki urutan ketiga setelah Asia dan Amerika dengan luas wilayah kira-kira 30.295.000 km².

Secara astronomis, benua Afrika terletak di antara 37ºLS – 35ºLU dan 18ºBB – 51ºBT.

Karakteristik yang berbeda dengan benua lainnya, yaitu :

1. Merupakan benua terluas ketiga setelah Asia dan Amerika dengan luas kira-kira seperlima dari luas daratan di muka bumi.

2. tidak mempunyai pegunungan raksasa seperti Asia dan Amerika, sehingga dari segi iklim tidak ada perbedaan yang mencolok hampir seluruh wilayahnya beriklim gurun panas.

3. merupakan benua kedua setelah Amerika yang dilewati oleh tiga garis lintang istimewa, yakni garis khatulistiwa, garis balik utara (tropic of cancer), dan garis balik selatan (tropic of capricorn).

4. merupakan benua yang hanya memiliki sedikit teluk, yaitu Teluk Guinea di bagian barat, Teluk Aden di timur, dan Teluk Sidra di Utara.

5. merupakan benua yang hanya memiliki plato dengan iklim gurun yang kering. Secara garis besar seluruh wilayah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Benua kedua setelah Amerika yang dilewati oleh tiga garis lintang istimewa adalah Benua Afrika.

Tinggalkan komentar