Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total

Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total

Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total – Gejala awal yaitu tv ketika dinyalakan tidak ada reaksi apapun dan lampu indikator tidak nyala. Namun arus masuk ke power suplay, terkadang juga dibarengi dengan bunyi cuit pada power suplay regulator.

Memperbaiki tv dalam keadaan mati total yang pertama perlu diperiksa jika gejalanya sudah kita ketahui, dengan begitu kita tau dibagian mana yang meski dioprek.

Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total

Devinisi tv mati total adalah antara lampu indikator menyala dan tidak menyala. LED menyala tapi tidak bisa start terkadang diartikan dengan mati total atau terkadang juga di artikan standby. Namun yang pasti mati total tidak menunjukan reaksi apa apa ketika dinyalakan.

Penyebab Tv Polytron Mati total

Permasalahan pada tv polytron yang mati total disebabkan oleh regulator primer atau sekunder. Memiliki dua kemungkinan yang harus dikenali lebih lanjut mengenai Polytron ini.

Kerusakan Pada Regulator Polytron Bagian Primer

Regulator atau power suplay polytron slim biasanya hampir sama menggunakan jenis FET 7n65c. Jika FET rusak maka bisa mengakibatkan regulator tidak bisa bekerja sehingga menyebabkan tv polytron mati total dan lampu indikator tidak menyala.

Jika arus listrik sudah masuk kedalam rangkaian tapi tidak memberikan reaksi apa apa, maka harus berhati-hati. Periksa dulu pada bagian Elco 400v, karena meskipun TV tidak terhubung dengan listrik, Elco biasanya menyimpan listrik. Akan berbahaya jika tidak di hilangkan terlebih dahulu, tanda Elko ini berisi muatan listrik adalah terdapat bunyi cuit pada area regulator.

Elco 400 volt masih memuat listrik itu tanda bahwa FET 7n65c belum bekerja atau tidak bekerja. Untuk itu diperlukan pemeriksa semua komponen yang terhubung ke FET ini. Terutama komponen yang aktif yaitu transistor t507, t508, t509 dan komponen utam IC 501 7n65c.

Elco yang masih menyimpan medan listrik meski sudah dalam waktu lama sejak diputus dari arus, ini menandakan bahwa pada bagian + Elco tidak menyuplay apapun. Ini disebabkan oleh R534 putus atau bisa juga transistor t 508 putus.

Namun bila Elco masih menyimpan tapi masih bisa habis perlahan, ini menandakan masih ada transistor yang bekerja. Membuat dapat menghabiskan sisa arus yang tersimpan di Elco filter 400 volt.

Jika tv Polytron slim mati total disertai MBC rumah anjlok maka ini menandakan adanya komponen yang short. Ini biasanya di sebabkan IC 501 atau 7n65c short antar kaki.  keadaan short terjadi pada IC 501 jangan langsung diganti yang baru. Baiknya periksa transistor pendukung seperti A1515 c1815, periksa semua tiga transistor yang ada di blok regulator primer.

FET 7n65c Jebol Terus

Kerusakan tv mati total dengan ditandai kerusakan pada komponen FET 7n65 pada regulator harus teliti sebelum mengganti komponen FET jika ada masalah pada rangkaian regulator dapat mengakibatkan FET jebol lagi. Ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  1. Tidak ada tegangan gate pada kaki 1 FET 7n65c. Jika belum ada, periksa transistor t507, t508, t509, d515d. Pastikan tegangan pada gate sebesar 3 hinngga 4 volt.
  2. Short pada capasitor c520 atau 102j 2kv.
  3. FET berkualitas tidak bagus atau palsu, tapi hal ini tidak secara langsung. Kematian FET dapat terjadi dalam jangka waktu tertentu karena tidak awet.
  4. Rusaknya trafo regulator. Menurunnya kualitas impedansi sehingga FET tidak kuat menahan arus pendek karena menurutnya impedansi trafo.

Kerusakan regulator polytron bagian sekunder

Keusakan tv polytron yang mati total belum tentu disebabkan oleh blok primer regulator tapi bisa juga disebabkan oleh sekunder regulator yang bermasalah. Sebab itu diperlu perhatikan ketika menemukan kerusakn tv polytron yang mati total.

Dalam hal ini terkadang gejalanya memiliki perbedaan contohnya lampu LED masih menyala, tegangan regulator yang drop, atau kadang LED indikator berkedip kedip.

Ada satu kerusakan paling parah adalah ketika menemukan gejala tv LED berkedip kedip ini terjadi karena short pada transistor horizontal. Namun sebelum mengganti transistor horizontal baiknya kamu memeriksa bagian kapasitor damper jika tidak ingin transistor mengalami keruskan lagi.

Atau tegangan output mengalami penurunan tegangan 10v maka bisa menyebabkan lampu indikator berkedip cepat. Karena suplay ke IC utama kurang.

Bisa juga disebabkan karena Elco filter 10v pada sekunder regulator yaitu Elco ukuran 1000uf 25v atau C503.

Regulator tv polytron slim sebenarnya sangat mudah untuk diperbaiki asalkan kita teliti, tliti memeriksa satu satu komponen yang ada sehingga menghindari penggunaan gatcun sebagai alternatif. Karena biasanya gatcun yang digunakan pada tv tidak akan bertahan lama. Namun kembali kepada waktu yang digunakan untuk memperbaiki regulator yang sulit diperbaiki. Tapi jika ingin cepat bisa gunakan gatcun

Akhir Kata

Sekian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.