Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Tv Led Samsung Mati – Sahabat SolderPanas yang berbahagia… sudah cukup lama   nih saya tidak update menulis artikel di pramud blog ini. Ya.. maklumlah habis libur lebaran dan  terlalu sok sibuk, hehe.Oke.. langsung saja sahbat, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara memperbaiki Tv Led Samsung mati menggunakan simpel.
 

 

 

Tv Samsung rusak tewas
 
Kemaren atau beberapa hari yang telah kemudian, aku  mendapatkan sebuah televisi. Yup… sebuah LED TV menggunakan brand samsung dan  dengan layar 40 inchi.Led TV samsung menggunakan tipe UA40H5003 ini tidak mengecewakan akbar sahbat, namanya jua 40 inchi, hehe. Sayang seribu sayang LED TV ini dalam keadaan rusak.
 
Pada Kerusakan sendiri ialah LED TV tersebut mangkat  total(matot). konon istilah pemiliknya dulu TV yang malang ini kesambar petir. serta telah pernah diservis ke tukang servis tv tapi tidak mampu terselamatkan alias tukang servisnya angkat tangan.Maka asal itu menggunakan sejarah yang relatif sadis tadi, rasa penasaran pun bergejolak dan  jiwa tukang solder pun timbul dalam diri aku  ini, haha.
 
Rasa penasaran apakah gerangan yg rusak didalam tubuh TV bongsor ini sehingga tak mau nyala/hidup. dan  dengan semangat yg menggebu-gebu ini, LED TV samsung ini tidak tabah buat aku  bongkar.pribadi saja sahbat, kita mulai memperbaiki LED TV samsung 40″ ini. Pertama siapkan terlebih dulu indera-alatnya sahbat. indera yang kita butuhkan seperti obeng plus, solder, tenol, serta multimeter.

Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Langkah pertama artinya membongkar bagian belakang dari LED TV samsung ini. Caranya sangatlah mudah, sahbat hanya perlu melepaskan seluruh baut-bautnya menggunakan obeng plus (+).sehabis semua baut kita lepaskan, kemudian angkat tutup bagian belakang asal bodi LED TV. dan  setelah kita angkat penutupnya, maka terlihat menggunakan kentara jeroan mesin rangkaian power supply ( PSU ) dan  mainboard asal LED TV samsung UA40H5003 ini. mirip gambar dibawah ini.
 
Setelah itu saya pasang kabel powernya dan  kemudian aku  mencoba menyalakanya. serta aku  tunggu beberapa detik hingga menitan, ternyata tidak terdapat 9a4fa7284df01cdbf44ebce113378856 kehidupan.kemudian aku  ambil multimeter serta saya ukur tegangan output asal rangkaian pcb card power supply / PSU nya. dan  benar saja TV ini mangkat  gak mau nyala, indikator power standby nya pun tidak mau nyala. dan  selesainya saya ukur outputnya ternyata tidak keluar tegangannya.
 
tidak butuh waktu pikir panjang lagi, saya copot / lepaskan rangkaian pcb power supply LED TV samsung UA 40H5003 ini. serta dibawah ini adalah tampang dri PSU tersebut.
 
lalu saya lihat dan  cermati komponen-komponen yg terbenam di rangkaian power supply / psu Led TV Samsung 40 inchi ini. Ternyata benar, PSU ini sudah pernah diservis. Terlihat dengan jelas dibagian AC in, ada jalur yg sudah dijamper karena putus terbakar. Fuse ataupun sekeringnya pun jua telah diganti baru. serta lilitan bagian filter AC IN nya pun nampaknya telah diganti lilitannya.
 
dan  kemudian dengan penuh semangat saya pun mengecek seluruh komponen yg ada pada rangkaian PSU tadi. saya cek pada bagian AC IN, komponen OK. dan  komponen bagian PWM pun tidak ada problem. kemudian beralih dibagian sekunder, serta disini nampak terdapat dioda rectifier yang rusak short. terdapat 2 dioda rectifier yg terdapat dibagian sekunder rusak. Dioda tadi buat penyearah pada tegangan 12VDC.
 
sahabat SolderPanas, lalu aku  copot dioda yg rusak tersebut menggunakan solder. dan  setelah itu aku  ganti dioda rectifier dengan bentuk dan  type yang tidak selaras. Disini kita bisa mengubah menggunakan tipe yang tidak sama asalkan tetap menggunakan dioda rectifier frekuensi tinggi sahbat.sehabis aku  ganti dioda yang rusak tadi, kemudia saya coba hidupkan power supply nya saja. aku  ukur tegangan hasil sudah keluar, yakni 12,5 VDC. serta terdapat satu outputan lagi yakni output tegangan buat menyupply lampu LED, tegangan keluaran nya sekitar 200-an VDC.
 
dan  aku  pun sudah yakin jika card PSU ( power supply ) ini sudah tak bermasalah lagi. sehabis itu rangkaian PSU nya aku  pasang kembali pada LED TV samsung tadi.sesudah rangkaian saya pasang / rakit semua, lalu saya coba hidupkan / nyalakan. dan  dalam sekia
 
Bergegas aku  ambil remote TV nya, kemudian aku  tekan tombol power pada remote. dan … eng ing engg… oleh TV yg dulu meninggal kini   pun hidup balik  sahabat.sahabat SolderPanas, dan  di akhirnya terselesaikan serta berhasil sudah dalam rangka mengoperasi tv matot / mangkat  total. serta itulah cara memperbaiki / servis, repair LED TV samsung 40 inchi UA40H5003 dengan kerusakan mati total.
 
Terimakasih buat sahbat sekalian yg sudah meluangkan waktunya buat mengunjungi blog yg sangat sederhana ini. serta jangan pernah takut buat mencoba!!!n dtk lampu indikator menyala merah. Perasaan hati pun sebagai senang yg membuat bibir ini tersenyum sumringah, haha.
Baca Juga :  TV LED Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *