Mengungkapkan pendapatnya dengan baik merupakan 

Mengungkapkan pendapatnya dengan baik merupakan …

Hak

Kewajiban

Tanggung jawab

Jawaban :

Hak.

Penjelasan :

A. Hak adalah sesuatu yang didapatkan oleh seseorang apabila telah melakukan serangkaian kegiatan atau telah menyelesaikan kewajibannya. Hak juga dapat diartikan sebagai kesempatan untuk dapat melakukan, bahkan memiliki sesuatu yang kita inginkan. Contoh dari hak adalah hak menyampaikan pendapat dalam sebuah pertemuan atau diskusi, hak mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam hidup bermasyarakat, dan hak hidup berdampingan dengan warga sekitar.

B. Kewajiban berasal dari kata dasar wajib yang berarti harus. Jadi, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang dengan penuh tanggung jawab sesuai aturan yang berlaku. Contoh dari kewajiban adalah kewajiban menjaga keamanan lingkungan, kewajiban menjaga kebersihan lingkungan, dan kewajiban mematuhi norma/aturan yang ada di masyarakat.

C. Tanggung jawab adalah suatu keadaan yang menanggung segala sesuatu yang sudah di buat atau dilakukan. Tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai kewajiban untuk menanggung sesuatu. Melaksanakan kewajiban berarti kita telah melaksanakan tanggung jawab. Contoh dari tanggung jawab adalah tanggung jawab menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan, tanggung jawab membersihkan lingkungan sekitar dengan ikut serta dalam kerja bakti, dan tanggung jawab menjaga kerukunan hidup dengan sesama umat beragama.

Jadi, mengungkapkan pendapatnya dengan baik merupakan hak semua orang.

✅Baca Juga :  Sebutkan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab seseorang sebagai warga masyarakat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.