Apa manfaat saling menghargai dalam keberagaman?

Apa manfaat saling menghargai dalam keberagaman?

Jawaban :

Mendapat banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai agama, suku, budaya, adat istiadat, dan bahasa daera, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, dan suasana pergaulan antar sesama di tengah masyarakat akan semakin akrab.

Penjelasan :

Masyarakat Indonesia terdiri dari keberagaman suku bangsa, budaya, dan sosial. Akan tetapi, meskipun hidup dalam keberagaman, masyarakat Indonesia diikat dengan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut dapat dilihat dalam semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua.

Dengan saling menghargai, akan tercipta berbagai manfaat dari keberagaman yaitu:
1. Mendapat banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai agama, suku, budaya, adat istiadat, dan bahasa daerah.
2. Memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.
3. Suasana pergaulan antar sesama di tengah masyarakat akan semakin akrab.

Dengan demikian,manfaat saling menghargai dalam keberagaman adalah mendapat banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai agama, suku, budaya, adat istiadat, dan bahasa daera, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, dan suasana pergaulan antar sesama di tengah masyarakat akan semakin akrab.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.