Sebutkan contoh pelaksanaan tanggung jawab di rumah

Sebutkan contoh pelaksanaan tanggung jawab di rumah

Jawaban :

Selalu menyediakan waktu dengan keluarga, menunjukkan perilaku yang baik sesuai norma, menjaga nama baik keluarga, mematuhi peraturan rumah, serta memelihara kebersihan, kenyamanan, dan keamanan rumah.

Penjelasan :

Tanggung jawab merupakan kesadaran seseorang terhadap pekerjaannya baik di lingkungan keluarga, sekolah, atau masyarakat. Tanggung jawab terbentuk dengan berjalannya waktu dan pertumbuhan tiap individu. Sikap tanggung jawab adalah kesadaran manusia atas tingkah laku dan perbuatannya sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, tetapi untuk seluruh usia. Dengan adanya rasa tanggung jawab bisa mendorong untuk meraih kesuksesan. Ciri-ciri orang yang memiliki tanggung jawab yaitu menepati janji, menjaga dan menghormati diri sendiri, selalu waspada, peduli terhadap situasi dan kondisi, mempunyai komitmen yang kuat, serta mempunyai keberanian dalam menanggung resiko yang diperbuat.

Jadi, kesimpulannya adalah dengan selalu menyediakan waktu dengan keluarga, menunjukkan perilaku yang baik sesuai norma, menjaga nama baik keluarga, mematuhi peraturan rumah, serta memelihara kebersihan, kenyamanan, dan keamanan rumah, itu semua termasuk dalam pelaksanaan tanggung jawab dirumah.

Tinggalkan komentar