Cara Merakit 4 LNB Untuk Menangkap 4 Satelit

Cara Merakit 4 LNB Untuk Menangkap 4 Satelit,TELKOM4 PALAPA D ASIASAT 7 ASIASAT 5

Cara Merakit 4 LNB Untuk Menangkap 4 Satelit –  Sejak perubahan posisi satelit Telkom 3s ke Telkom 4, kini bagi yang memiliki parabola yang memakai LNB 4 juga terjadi perubahan.

seperti yang pernah saya katakan bahwa posisi Telkom 4 sekarang menempati posisi Telkom 1 di 108o0E sehingga memungkinkan supaya mengembalikan posisi parabola seperti ketika memakai Telkom 1.

Untuk saat ini LNB yang menangkap Telkom 4 dan asisat 7 berhimpit antar LNB kurang dari 1 cm.

Sebenarnya urutan masih sama tapi terjadi perubahan pertukaran antara Palapa D dan Telkom. Selain itu jarak LNB juga sudah berubah.

Cara Merakit 4 LNB Untuk Menangkap 4 Satelit

Berikut saya sudah bereksperimen merakit LNB dengan memakai 4 LNB dan terbukti berhasil menangkap 4 satelit yaitu Palapa D, Telkom 4, asiasat 7, dan asiasat 5 dengan memakai dish ukuran 7 : 5 fit.

Merakit horn atau dudukan LNB sedikit lebih repot karena perlu memakai gerinda untuk memotong dibagian tengah. Sehingga posisi satelit Telkom 4 dan asiasat 7 berhimpit.

Dan yang tidak kalah penting adalah ke 4 LNB perlu segaris lurus disudut 0°. Supaya polaritas dapat tertangkap semua.

jarak antar lnb yaitu:

Palapa D -> telkom          : 3,5 cm

TELKOM 4 -> Asiasat 7    : 1cm

Asiasat 7 -> Asiasat5       : 3,5cm

Ketika memasang konektor antara LNB dan switch perhatian angka dikonektor switch beserta posisi LNB yang akan dipakai untuk menangkap satelit Kongkritnya yaitu :

[DSEQ1 – PALAPA  D] [DSEQ2 – TELKOM 4] [DSEQ3 – ASIASAT 7] [DSEQ4 – ASIASAT 5]

*DSEQ = TERTULIS pada body switch  (LNB1, 2, 3, 4)

Cara Tracking Menggunakan 4 LNB

Nah setelah membahas merakit 4 LNB sekarang kita membuat persiapan tracking sinyalnya.

Pertama yang harus dipersiapkan yaitu program receiver. Karena kunci keberhasilan lock sinyal yaitu memprogram receiver dengan lebih teliti.

Perhatikan, pada program dseq program instalasi antena yaitu : [DSEQ 1 : PALAPA D], [DSEQ 2 : TELKOM 4], [DSEQ 3 ASIASAT 7] dan [DSEQ 4 : ASIASAT 5]

Posisi tersebut harus diurutkan diprogram pengaturan antena pada receiver. Jangan sampai salah urutanya jika tidak ingin ada masalah tarik menarik sinyal antar satelit.

Setelah itu kita tentukan transponder dari masing masing satelit yang ingin dilock.

Menentukan frekuensi terbaru sangat penting karena ini berguna bagi yang masih memakai receiver baru dan belum scan ulang dan masih memakai frekuensi bawaan pabrik. Bila tracking demikian maka tidak akan bisa menangkap sinyal apapun, atau kita akan gagal mentracking parabola 4 satelit.

Untuk penggeseran dish ke 1, sinyal yang perlu dilock pertama adalah satelit Palapa yaitu MNC media hal ini bertujuan supaya memperoleh arah LNB berada pada posisi 0° diarah barat dan Timur.

Ke 2, setelah bisa menangkap sinyal Palapa D kita beralih ke satelit Telkom 4  biasanya bila sinyal Palapa D terlalu tinggi Telkom 4 belum dapat menangkap sinyalnya, oleh sebab itu tracking perlu seimbangkan antara ke 2 satelit dengan cara mencari sinyal trans TV. Bila keduanya telah seimbang dan channel trans 7 diatas 40 persen sekarang kita lanjut ke satelit asiasat 7.

Bila beruntung, kita dapat memperoleh sinyal asiasat secara langsung ketika menlock sinyal Telkom 4 dan Palapa D.

Tapi jika belum dapat sinyal sedikitpun pada satelit asiasat 7 dan asiasat 5 maka posisi LNB sedikit tidak match sehingga pointing belum bisa menangkap keseluruhan.

Untuk itu kita coba menggerakan payung dengan cara acak, kearah Utara, Selatan, Timur, dan barat, tanpa mengendorkan baut. Bila salah 1 gerakan dapat menangkap sinyal sementara, maka kendurkan baut yang mengarah ke sinyal yang ada ketika digerakan tadi.

Biasanya bila Palapa D dan Telkom 4 sudah dapat yang sinyal bagus, maka supaya mendapat sinyal dari asiasat 7 dan 5, yang berjarak sedikit sehingga kita perlu pintar membagi sinyal antara ke 4 satelit.

Bila kita tidak dapat membagi sinyal atau terjadi terjadi tarik menarik sinyal antar satelit, yang perlu dilakukan yaitu merubah jarak antar LNB yang saling tarik menarik sinyal, apakah perlu direnggangkan atau disempitkan. Hal ini berkaitan dengan tipe dish yang digunakan, misal dish cekung terlalu dalam dan dish cekung lebih datar atau ukuran dish, tentu hal ini memungkinkan untuk jarak antar LNB yang berbeda pula.

Update 2022

Mungkin untuk acuan memakai 4 LNB saat ini bisa memakai Telkom 4 sebagai bahan lock sinyal karena satelit Palapa D sudah mati dan MNC media telah menjadikan channel di pay tv. Sebagai acuan gunakan channel Trans TV dan Trans 7 untuk mencari arah kemudian baru ke satelit asiasat 7 dan asiasat 5.

Akhir Kata

Sekian info yang kami bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.