Memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier

Memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier

Memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier – Kali ini saya mendapat servisan speaker aktif, dengan gejala ketika dinyalakan hanya mengeluarkan suara dengungan. Dengan spesifikasi speaker aktif tua merek Xpose, power amplifier jenis OCL 150 Watt, trible, lengkap dengan tone kontrol bass, echo IC PTC, vol.mix IC 4558.

Speaker yang dipakai berukuran 6,5 Inci merek ACR dan twitter kecil. Baut pengunci box sudah rusak semua. Dan speaker aktif ini sudah pernah dibongkar entah sama siapa, sehingga jalur PCB nya sudah hancur lebur. Karena jalur FCB nya sudah hancur maka saya beri KIT power ampli tambahan. Jika tidak ditambah akan mempersulit karena pada jalur transistor kerusaknya paling parah.

Speaker aktif Xpose ketika di nyalakan hanya terdengar bunyi dengung. Bila output speaker diukur memakai tester DC Volt maka akan terlihat jarum penunjuk bergerak penuh. DC Volt yang keluar dari output speaker jika dibiarkan bisa membakar Speaker. Tegangan DC yang muncul pada output speaker menandakan bahwa blog amplifier sudah rusak parah terutama dibagian transistor final.

Memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier

Setelah tahu kondisi tersebut saya melakukan pemeriksaan pada transistor final memakai Ohm Meter 1 kali. Dengan hasil pemeriksaan bahwah ke 2 transistor TIP 41 dan TIP42 mengalami short. Kemudian saya mengganti dengan yang baru bersama KIT OCL 150 Watt.

Dan terpaksa memakai kabel sebagai penghubung transistor final dengan driver power OCL tambahan tadi. Juga menjumper output tone control ke input driver memakai kabel HET.

Jumperan tersebut menyebabkan keadaan menjadi semrawut pada rangkaian. Hal ini biasanya akan mengakibatkan gangguan audio misalnya hum dan nois, tapi ternyata tidak seperti itu.

Setelah semua saya pasang hasilnya audio tidak mengeluarkan gangguan sedikitpun. Hanya saja saat potensio disentuh mengakibatkan hum pada bagian bass dan nois pada bagiat trible. Hal ini tidak akan muncul setelah dipasang isolator knop potensio meter.

Menurut saya memperbaiki speaker aktif sangat gampang dibandingkan memperbaiki TV. Speaker aktif sangat mudah dimengerti system kerjanya yang hanya terdiri dari power suplay, power amplifier, dan tone contol.

Berbeda dengan TV yang terdiri dari banyak blok. Jika dipahami system kerja TV sangat rumit bagi yang masih amatir sperti saya. Sedangkan speaker aktif sangat mudah untuk diperbaiki namun ribet.

Kenapa begitu?, kerepotan tersebut berkaitan dengan membongkar dan memasang mesin dengan box speaker yang mengharuskan untuk dipasang pada sudut yang sempit. Kadang ketika membongkar baut pengunci box speaker sudak berkarat, ini akan membuat sulit untuk dibuka.

Akhir Kata

Demikian informasi dari solderpanas tentang cara memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier. Semmoga artikel ini dapat bermanfaat.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …